Kinerja Birokrasi Pelayanan Publik Dilihat Dari Segi Total Quality Management (TQM) (Studi Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Sosial Kota Madiun)

Main Author: Amiruddin, Bayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/116859/1/Skripsi-_Bayu_Amiruddin.pdf
http://repository.ub.ac.id/116859/
Daftar Isi:
  • Penilaian kinerja birokrasi pelayanan publik selama ini dengan DP3. Proses penilaian pekerjaan ini bersifat rahasia dan hasil penilaian pekerjaan pegawai tidak dikomunikasikan secara terbuka kepada masyarakat melainkan langsung dilaporkan kepada pemerintahan ditingkat atasnya tanpa adanya kepastian dilaksanakan atau tidaknya laporan tersebut. Untuk itu perlu dilakukan penilaian kinerja dengan menggunakan indikator-indikator yang jelas dan bervariasi sehingga dapat diketahui kondisi sebenarnya dari pelaksanaan pekerjaan pegawai. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) Kinerja pegawai dalam proses pelaksanaan pelayanan publik berdasarkan karakteristik-karakteristik dalam total quality management, meliputi: Fokus pada pelanggan, Obsesi terhadap kualitas, Pendekatan ilmiah, Komitmen jangka panjang, Kerjasama tim, Perbaikan sistem secara berkesinambungan, Pendidikan dan pelatihan, Kebebasan yang terkendali, Kesatuan tujuan, Adanya keterlibatan dan pemberdayaan pegawai. (2) Faktorfaktor penghambat dan pendukung kinerja pegawai. Sedangkan analisa data yang digunakan adalah analisa data model interaktif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan, program/kegiatan telah fokus pada kepentingan pelanggan (masyarakat), terdapat target yang harus dicapai dalam pelaksanaan pekerjaan, pendekatan ilmiah atau metode atau cara tertentu tidak digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan, terdapat penekanan terhadap pegawai untuk berkomitmen, koordinasi telah terlaksana dengan baik, telah dilakukan upaya perbaikan sistem pelayanan dengan online, terdapat upaya peningkatan i d i a w a g e p , n a h i t a l e p n a d n a k i d i d n e p m a r g o r p i u l a l e m i a w a g e p n a u p m a m e k berikan kesempatan untuk berinovasi meningkatkan kinerjanya dengan dibarengi pengawasan oleh pimpinan, visi dan misi terarah dengan jelas, seluruh pegawai dilibatkan dalam pelaksanaan pekerjaan sesuai tugas pokok dan fungsinya dan posisi disesuaikan dengan pangkat/jabatan yang dimiliki sehingga pegawai merasa diberdayakan. Sangat sedikitnya jumlah pegawai dan adanya mutasi kerja akan menghambat pencapaian pekerjaan pegawai. kepemimpinan yang berkualitas, dukungan layanan dan konsultasi, proses komunikasi yang efektif, penghargaan dan pengakuan terhadap prestasi mendukung meningkatnya pencapaian kerja pegawai.