Implementasi Sistem Informasi Crm (Customer Relationship Management) (Studi Pada UD. Iwek-P Adventure Kota Malang)
Main Author: | Randy, MuhammadIqbalDimasz |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116672/ |
Daftar Isi:
- Saat ini teknologi informasi mengalami perkembangan yang sangat pesat dan telah memasuki hampir seluruh bidang. Hal ini ditandai dengan banyaknya pengguna komputer, baik untuk kepentingan pribadi maupun untuk kepentingan perusahaan atau bisnis. Perkembangan ini memberikan dampak positif bagi kehidupan masyarakat, yakni dengan akses informasi yang cepat, efektif dan efisien. Salah satu sistem informasi yang memanfaatkan internet di bidang bisnis adalah Enterprise Resource Planning (ERP). Melalui CRM, perusahaan dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan, tidak hanya berinteraksi secara langsung tapi juga pada saat online, maka CRM hadir sebagai solusi agar pelanggan dapat berinteraksi dengan perusahaan setiap saat. Selain itu perusahaan dapat mengelola informasi tentang pelanggan dan menganalisa keinginan pelanggan demi mendapatkan kesetiaan pelanggan. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif, Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan jenis action reseach . Menurut Damayanti (2013:67) pendekatan jenis action reseach bertujuan mengembangkan keterampilan-keterampilan baru atau cara pendekatan baru dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung di dunia kerja atau dunia aktual yang lain. Peneliti menggunakan pendekatan action reseach ini sebagai tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan. Alternatif solusi atau rekomendasi sistem informasi CRM yang diusulkan oleh peneliti melalui implementasi sistem informasi CRM dengan Zurmo CRM yang berbasis open source . Hasil dari implementasi sistem informasi CRM adalah pengelolaan manajemen antara perusahaan dengan hubungan pelanggan menjadi lebih mudah dalam dilakukan. Menjalin hubungan dengan pelanggan akan lebih efektif dan efisien karena menggunakan sistem informasi yang terintegrasi.