Analisis Pengaruh Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, dan Sikap Penggunaan terhadap Minat Perilaku Penggunaan Billing System (Studi pada Wajib Pajak Kantor Pelayanan Pajak Malang Utara)
Main Author: | Andrian, Agus |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/116637/ |
Daftar Isi:
- Salah satu bentuk reformasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak adalah menggunakan teknologi informasi dalam hal pembayaran pajak terhutang. Pembayaran pajak secara elektronik dikenal dengan istilah Billing System. Keputusan Jenderal Pajak Nomor KEP-359/PJ/2013 mengatur tentang penunjukan kantor pelayanan pajak dan Wajib Pajak dalam rangka uji coba penerapan sistem pembayaran pajak secara elektronik (Billing System) dalam sistem modul penerimaan negara. Penerapan Billing System yang masih dalam tahap uji coba dan merupakan sebuah hal baru bagi Wajib Pajak memerlukan penelitian lebih lanjut terkait penerimaan Wajib Pajak terhadap penerapan Billing System. Penelitian ini menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) sebagai model dasar pembentukan hipotesis. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, sikap penggunaan, dan minat perilaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan sikap penggunaan terhadap minat Wajib Pajak untuk menggunakan Billing System. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan menggunakan kuesioner. Subjek penelitian ini adalah Wajib Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Malang Utara. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Analisis data menggunakan program SPSS versi 21.0. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa semua hipotesis diterima. Hipotesis 1 menunjukan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap persepsi kegunaan. Hipotesis 2 menunjukan bahwa persepsi kegunaan berpengaruh secara signifikan terhadap sikap penggunaan. Hipotesis 3 menunjukan bahwa persepsi kemudahan berpengaruh secara signifikan terhadap sikap penggunaan. Hipotesis 4 menunjukan bahwa sikap penggunaan berpengaruh secara signifikan terhadap minat perilaku. Hipotesis 5 menunjukan bahwa persepsi kegunaan berpegaruh secara signifikan terhadap minat perilaku.