Analisis Manajemen Kredit Guna Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu)
Daftar Isi:
- Bank merupakan lembaga keuangan yang berperan sebagai perantara antara pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang kekurangan dana. Kegiatan utama yang dilaksanakan bank adalah kegiatan-kegiatan pada sektor perkreditan atau penyaluran dana. Kegiatan penyaluran dana atau kredit tentunya tidak terlepas dari risiko kredit bermasalah yang ditimbulkan dari ketidakmampuan debitur dalam melunasi kreditnya kepada pihak bank. Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu juga tidak terlepas dari kredit bermasalah, untuk menghindari hal tersebut maka bank membutuhkan suatu manajemen kredit guna meminimalisir kredit bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan manajemen kredit yang diterapkan pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu, (2) mengetahui tingkat kredit bermasalah pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu, (3) mendeskripsikan upaya penyelematan kredit bermasalah pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini tergolong dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, karena penelitian dilakukan dengan menggunakan data yang berbentuk angka dan melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus. Data yang dikumpulkan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara langsung dengan staf kredit, dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen atau catatan seperti, data kolektibilitas tahun 2010-2012. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis manajemen kredit, analisis tingkat redit bermasalah atau Non Performing Loans (NPL), dan analisis upaya penyelematan kredit bermasalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kredit yang diterapkan Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu belum efektif dalam meminimalisir kredit bermasalah, hal ini terlihat dari persentase Non Performing Loan (NPL) pada periode 2010-2012 yang menunjukkan peningkatan yaitu pada tahun 2010 sebesar 0%, pada tahun 2011 sebesar 0,72%, dan pada tahun 2012 sebesar 1,99%. Manajemen kredit yang diterapkan meliputi perencanaan kredit, penetapan suku bunga kredit, prosedur pemberian kredit, analisis pemberian kredit, dan pengawasan kredit. Upaya penyelamatan kredit bermasalah yang dilakukan Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu meliputi pembinaan kepada debitur, pemberian surat peringatan pada nasabah 1- 2x, penjadwalan kembali (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning), penataan kembali (restructuring), dan penyitaan jaminan.