ctrlnum 116208
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/116208/</relation><title>Analisis Manajemen Kredit Guna Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu)</title><creator>Dewi, OktaviaAnggra</creator><subject>658 General management</subject><description>Bank merupakan lembaga keuangan yang berperan sebagai perantara antara pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang kekurangan dana. Kegiatan utama yang dilaksanakan bank adalah kegiatan-kegiatan pada sektor perkreditan atau penyaluran dana. Kegiatan penyaluran dana atau kredit tentunya tidak terlepas dari risiko kredit bermasalah yang ditimbulkan dari ketidakmampuan debitur dalam melunasi kreditnya kepada pihak bank. Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu juga tidak terlepas dari kredit bermasalah, untuk menghindari hal tersebut maka bank membutuhkan suatu manajemen kredit guna meminimalisir kredit bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan manajemen kredit yang diterapkan pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu, (2) mengetahui tingkat kredit bermasalah pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu, (3) mendeskripsikan upaya penyelematan kredit bermasalah pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini tergolong dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, karena penelitian dilakukan dengan menggunakan data yang berbentuk angka dan melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus. Data yang dikumpulkan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara langsung dengan staf kredit, dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen atau catatan seperti, data kolektibilitas tahun 2010-2012. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis manajemen kredit, analisis tingkat redit bermasalah atau Non Performing Loans (NPL), dan analisis upaya penyelematan kredit bermasalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kredit yang diterapkan Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu belum efektif dalam meminimalisir kredit bermasalah, hal ini terlihat dari persentase Non Performing Loan (NPL) pada periode 2010-2012 yang menunjukkan peningkatan yaitu pada tahun 2010 sebesar 0%, pada tahun 2011 sebesar 0,72%, dan pada tahun 2012 sebesar 1,99%. Manajemen kredit yang diterapkan meliputi perencanaan kredit, penetapan suku bunga kredit, prosedur pemberian kredit, analisis pemberian kredit, dan pengawasan kredit. Upaya penyelamatan kredit bermasalah yang dilakukan Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu meliputi pembinaan kepada debitur, pemberian surat peringatan pada nasabah 1- 2x, penjadwalan kembali (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning), penataan kembali (restructuring), dan penyitaan jaminan.</description><date>2014-03-03</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/1/SUMMARY.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/2/TANDA_ORISINILITAS.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/3/TANDA_PERSETUJUAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/3/BAB_I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/4/BAB_II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/4/TANDA_PENGESAHAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/5/BAB_III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/7/BAB_V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/8/CV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/9/COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/10/DAFTAR_GAMBAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/11/DAFTAR_ISI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/12/DAFTAR_LAMPIRAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/13/DAFTAR_TABEL.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/14/KATA_PENGANTAR.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/116208/15/RINGKASAN.pdf</identifier><identifier> Dewi, OktaviaAnggra (2014) Analisis Manajemen Kredit Guna Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2014/127/051402535</relation><recordID>116208</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Dewi, OktaviaAnggra
title Analisis Manajemen Kredit Guna Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu)
publishDate 2014
topic 658 General management
url http://repository.ub.ac.id/116208/1/SUMMARY.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/2/TANDA_ORISINILITAS.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/3/TANDA_PERSETUJUAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/3/BAB_I.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/4/BAB_II.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/4/TANDA_PENGESAHAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/5/BAB_III.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/6/BAB_IV.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/7/BAB_V.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/8/CV.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/9/COVER.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/10/DAFTAR_GAMBAR.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/11/DAFTAR_ISI.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/12/DAFTAR_LAMPIRAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/13/DAFTAR_TABEL.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/14/KATA_PENGANTAR.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/15/RINGKASAN.pdf
http://repository.ub.ac.id/116208/
contents Bank merupakan lembaga keuangan yang berperan sebagai perantara antara pihak yang kelebihan dana dengan pihak yang kekurangan dana. Kegiatan utama yang dilaksanakan bank adalah kegiatan-kegiatan pada sektor perkreditan atau penyaluran dana. Kegiatan penyaluran dana atau kredit tentunya tidak terlepas dari risiko kredit bermasalah yang ditimbulkan dari ketidakmampuan debitur dalam melunasi kreditnya kepada pihak bank. Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu juga tidak terlepas dari kredit bermasalah, untuk menghindari hal tersebut maka bank membutuhkan suatu manajemen kredit guna meminimalisir kredit bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan manajemen kredit yang diterapkan pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu, (2) mengetahui tingkat kredit bermasalah pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu, (3) mendeskripsikan upaya penyelematan kredit bermasalah pada Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu. Jenis penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini tergolong dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, karena penelitian dilakukan dengan menggunakan data yang berbentuk angka dan melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus. Data yang dikumpulkan adalah data primer yang diperoleh dari wawancara langsung dengan staf kredit, dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen atau catatan seperti, data kolektibilitas tahun 2010-2012. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis manajemen kredit, analisis tingkat redit bermasalah atau Non Performing Loans (NPL), dan analisis upaya penyelematan kredit bermasalah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kredit yang diterapkan Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu belum efektif dalam meminimalisir kredit bermasalah, hal ini terlihat dari persentase Non Performing Loan (NPL) pada periode 2010-2012 yang menunjukkan peningkatan yaitu pada tahun 2010 sebesar 0%, pada tahun 2011 sebesar 0,72%, dan pada tahun 2012 sebesar 1,99%. Manajemen kredit yang diterapkan meliputi perencanaan kredit, penetapan suku bunga kredit, prosedur pemberian kredit, analisis pemberian kredit, dan pengawasan kredit. Upaya penyelamatan kredit bermasalah yang dilakukan Koperasi Bank Perkreditan Rakyat Pancadana Batu meliputi pembinaan kepada debitur, pemberian surat peringatan pada nasabah 1- 2x, penjadwalan kembali (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning), penataan kembali (restructuring), dan penyitaan jaminan.
id IOS4666.116208
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-22T04:06:19Z
last_indexed 2021-10-28T07:06:15Z
recordtype dc
_version_ 1751455455427690496
score 17.538404