Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan atas dasar melihat fenomena pengguna internet yang meningkat dan maraknya bisnis online melalui jejaring sosial Facebook, khususnya di bidang fashion. Data yang didapat dari theultralinx.com dalam teknologi.inilah.com, pengguna internet dunia meningkat 7% atau sekitar 2,1 miliar pengguna dalam satu dasawarsa terakhir. Pengguna aktif Facebook pada tahun 2012 mencapai 900 juta pengguna. Menurut Fuleova, seorang analis media sosial dalam www.socialbakers.com menyebutkan 15 negara dengan pertumbuhan Facebook yang terus meningkat. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan pengguna yang terus meningkat. Indonesia berada di posisi kelima dengan penggunanya yang mencapai 43.831.880. Banyaknya pengguna Facebook membuat banyak pengusaha menjual produknya di Facebook. Kalau dari segi fashion, ketika dalam mesin pencari google diketik nama fashion shop facebook, butik facebook, atau toko fashion facebook akan muncul nama-nama toko dalam Facebook yang jumlahnya mencapai jutaan toko fashion. Penelitian ini bertujuan untuk : pertama, untuk mengetahui variabel atmosfer, produk, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan karakteristik konsumen secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial Facebook. Kedua, untuk mengetahui variabel atmosfer, produk, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan karakteristik konsumen secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial Facebook. Ketiga, untuk mengetahui diantara variabel atmosfer, produk, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan karakteristik konsumen, manakah yang secara dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial Facebook. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Kuesioner disebarkan kepada responden yang memenuhi syarat dalam pengisian kuesioner, yaitu responden yang pernah melakukan pembelian pada toko fashion di Facebook, yang lokasi tokonya berada di Indonesia, warga negara Indonesia dan berjenis kelamin wanita. Berbagai macam teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas; analisis deskriptif; uji asumsi klasik; regresi linier berganda; uji koefisien determinasi; uji F; dan uji t. Pengolahan data menggunakan aplikasi komputer programIBM Statistical Product and Service Solutions(SPSS) 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel atmosfer, produk, harga, promosi, pelayanan, kepercayaan, dan karakteristik konsumen secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada toko fashion di jejaring sosial Facebook. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000. Secara parsial yang berpengaruh positif dan signifikan adalah variabel atmosfer, promosi, kepercayaan, dan karakteristik konsumen. Variabel produk, harga, dan pelayanan berpengaruh positif tetapi tidak signifikan. Variabel yang berpengaruh paling dominan adalah variabel karakteristik konsumen dengan signifikansi 0.000