Daftar Isi:
  • Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Dan Menjelaskan Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Jasa Yang Terdiri Dari Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Proses (X4), Orang (X5), Bukti Fisik (X6), Lokasi (X7) Secara Simultan Dan Parsial Terhadap Proses Keputusan Menabung (Y). Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Explanatory Research . Sampel Dalam Penelitian Ini Sebanyak 98 Orang Responden Yang Merupakan Nasabah Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang. Metode Pengumpulan Data Menggunakan Kuesioner. Analisis Data Yang Digunakan Adalah Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linear Berganda Dan Analisis Regresi Parsial. Teknik Penarikan Sampel Yang Digunakan Adalah Teknik Purposive Sample. Hasil Penelitian Menunjukan Bahwa Variabel Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Proses (X4), Orang (X5), Bukti Fisik (X6), Lokasi (X7) Secara Bersama-Sama Atau Simultan Mempunyai Pengaruh Yang Signifikan Terhadap Proses Keputusan Menabung (Y) Dengan Nilai Fhitung Sebesar 8,705 Yang Lebih Besar Dari Ftabel (8,705 > 2,316) Dengan Tingkat Sig.F Lebih Kecil Dari Α (0,05) Dan Nilai Adjusted R Square Yaitu Sebesar 0,357. Hal Ini Berarti Bahwa Kemampuan Variabel-Variabel Bauran Pemasaran Jasa Secara Simultan Memberikan Kontribusi Terhadap Proses Keputusan Menabung Adalah Sebesar 35,7 % Sedangkan Sisanya Sebesar 64,3 % Dipengaruhi Oleh Variabel Lain Yang Tidak Dibahas Dalam Penelitian Ini. Hasil Penelitian Ini Juga Menunjukan Bahwa Variabel Produk (X1) Merupakan Variabel Yang Berpengaruh Dominan Terhadap Proses Keputusan Menabung (Y) Yang Ditunjukan Dengan Koefisien Beta Tertinggi Yaitu 0,274 Dan Nilai T Hitung Yang Paling Besar Yaitu 2,493. Kesimpulan Dari Penelitian Ini Adalah: 1). Bauran Pemasaran Jasa Yang Terdiri Dari Produk (X1), Harga (X2), Promosi (X3), Proses (X4), Orang (X5), Bukti Fisik (X6), Lokasi (X7) Berpengaruh Positif Dan Signifikan Secara Simultan Terhadap Proses Keputusan Menabung (Y). 2). Variabel Produk (X1) Merupakan Variabel Yang Berpengaruh Dominan Terhadap Proses Keputusan Menabung (Y). Oleh Karena Itu, Disarankan Kepada Bank Muamalat Indonesia Terutama Cabang Malang Untuk Mampu Mempertahankan Dan Sekaligus Meningkatkan Kualitas Produk Tabungan Untuk Tetap Mendapat Kepercayaan Nasabah Dan Mampu Menarik Calon Nasabah Baru Dari Kalangan Pasar Spiritual Maupun Pasar Rasional.