Penerapan Experiential Marketing Strategy dan Pengaruhnya terhadap Kepuasan dan Loyalitas, (Studi pada Pelanggan Bakso Cak Kar Singosari, Malang)
Main Author: | Razanah, Zahrina |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/115993/1/051309331.pdf http://repository.ub.ac.id/115993/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan; (2) pengaruh Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan; dan (3) pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan ( explanatory research ) dengan pendekatan kuantitatif.Sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan pelanggan Bakso Cak Kar yang telah membeli minimal dua kali.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Probalility Sampling dengan Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebarkan kuesioner. Analisis data yang digunakan analisis deskriptif dan analisis jalur ( path analysis ). Hasil analisis jalur ( path analysis ) dapat diketahui bahwa: (1) variabel Experiential Marketing (X) berpengaruh langsung signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan dengan koefisien jalur ( β ) sebesar 0,468 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05); (2) variabel kepuasan pelanggan berpengaruh langsung signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan dengan koefisien jalur ( β ) sebesar 0,258 dan tingkat signifikansi 0,005 (p<0,05); dan (3) variabel Experiential Marketing berpengaruh langsung signifikan terhadap variabel loyalitas pelanggan dengan koefisien jalur ( β ) sebesar 0,344 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan Experiential Marketing berpengaruh langsung terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan.