Analisis Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pada Nasabah Tabungan Britama PT Bank Rakyat Indonesia Cbang Blitar)

Main Author: TantriAnandaYulian
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/114443/1/051000344.pdf
http://repository.ub.ac.id/114443/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui dan menganalisis faktor-faktor bauran pemasaran yang terdiri dari product, price, promotion, process, people, place dan phisical evidence yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada nasabah tabungan Britama PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Blitar. Selain itu, permasalahan yang diteliti adalah variabel manakah diantara variabel product, price, promotion, process, people, place dan phisical evidence yang dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian pada nasabah tabungan Bank Rakyat ndonesia. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian penjelasan (explanatory research) . Sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 orang nasabah tabungan britama Bank Rakyat Indonesia. Teknik pengambilan sampel dengan metode pengambilan sampel accidental sampling . Teknik pengambilan datanya dengan kuesioner dan wawancara. Hasil analisis dengan menggunakan analisis faktor dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari pendekatan analisis faktor terbentuk tujuh faktor yaitu Proses Layanan Bank (X 1 ), Produk Layanan Bank (X 2 ), Suku Bunga Bank (X 3 ), Fasilitas Bank (X4), Bentuk Pelayanan Bank (X 5 ), Tempat Strategis (X 6 ), Promosi Bank (X 7 ). Hasil eigen value faktor proses layanan bank menjadi pertimbangan utama dimana persentase varian dari faktor proses layanan bank adalah sebesar 24,945% dengan eigen value 6,326. Hal tersebut berarti dalam bauran pemasaran jasa para responden nasabah tabungan Britama di BRI Cabang Blitar mempertimbangkan berbagai macam faktor seperti faktor proses layanan bank , faktor produk layanan bank, faktor suku bunga bank, faktor Fasilitas bank, faktor bentuk penyedia jasa, faktor tempat strategis, dan faktor promosi bank. Dari hasil penelitian analisis regresi linier berganda diketahui bahwa faktor proses layanan bank , faktor produk layanan bank, faktor Suku bunga bank, faktor Fasilitas bank, faktor bentuk penyedia jasa, faktor tempat strategis, faktor promosi bank secara bersamasama berpengaruh signifikan dengan variabel keputusan pembelian, dengan nilai F hitung sebesar 28,732 dan tingkat signifikansi 0,000 (p<0,05). Nilai koefisien determinasi yang disesuaikan (R 2 ) sebesar 0,665 berarti bahwa faktor proses layanan bank (X 1 ), faktor produk layanan bank (X 2 ), faktor suku bunga bank (X 3 ), faktor fasilitas bank (X4), faktor bentuk penyedia jasa (X 5 ), faktor tempat strategis (X 6 ), faktor promosi bank (X