Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Jumlah Kunjungan Wisata (Studi pada Wisata Bahari Lamongan)

Main Author: RenyDwiErnawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113998/1/050901568.pdf
http://repository.ub.ac.id/113998/
Daftar Isi:
  • Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan antara kegiatan promosi terhadap jumlah kunjungan wisata baik secara parsial maupun simultan, serta untuk mengetahui variabel promosi yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap variabel jumlah kunjungan wisata. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Hipotesis yang diuji adalah bahwa ada pengaruh signifkan antara variabel iklan, variabel public relation , variabel internet dan variabel personal selling terhadap variabel jumlah kunjungan wisata. Analisis data yang digunakan yaitu analisa regresi linier berganda dan regresi parsial. Hasil analisis yang diperoleh dari regresi linier berganda dengan pengujian pada tingkat kepercayaan 95% atau tingkat signifikan 0,05 didapat suatu persamaan regresi sebagai berikut: Y= 13787,822 – 29,490 (X 1 ) + 2,900 (X 2 ) + 166,551 (X 3 ) + 128,108 (X 4 ) Sedangkan hasil untuk regresi parsialnya, variabel iklan memiliki probabilitas sebesar 0,006 kemudian variabel public relation mempunyai probabilitas sebesar 0,844. Variabel selanjutnya adalah variabel internet memiliki probabilitas sebesar 0,000, terakhir yaitu variabel personal selling dengan probabilitas 0,009. Dilihat dari probabilitas yang dimiliki masing-masing variabel maka hanya variabel public relation yang dinyatakan tidak signifikan, untuk variabel lainnya memiliki pengaruh yang signifikan sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.