Peningkatan Kualitas Jasa dalam Menghadapi Persaingan Global Studi pada PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Cabang Malang

Main Author: VienaAdhisti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113796/1/050803494.pdf
http://repository.ub.ac.id/113796/
Daftar Isi:
  • Dunia kini tengah memasuki atmosfir persaingan paling kompetitif sepanjang sejarah. Globalisasi membawa konsekuensi tertentu dalam kehidupan manusia, termasuk aktivitas bisnis. Salah satu konsekuensi globalisasi dalam dunia bisnis adalah terciptanya pasar global. Dalam pasar global setiap negara akan bertarung menawarkan keunggulannya. Salah satu perusahaan yang saat ini berupaya memasuki pasar global adalah asuransi jiwa karena perkembangan industri asuransi jiwa semakin hari semakin positif. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang gambaran kemampuan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) Malang untuk melakukan perbaikan dan menciptakan inovasi terhadap kualitas jasa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan fokus penelitiannya pada 18 dimensi kualitas jasa yaitu Access (lokasi), Aesthetics (paket jasa), Attentiveness/helpfulness (kontak personel), Availability (fasilitas), Care (kepedulian), Cleanliness/Tidiness (kebersihan), Comfort (kenyamanan), Commitment (komitmen pekerja), Communication (komunikasi), Competence (keahlian dan profesionalisasi), Courtesy (kesopanan), Flexibility (mengubah pelayanan jasa atau produk), Friendliness (kehangatan dan keakraban), Functionality (kesesuaian kualitas produk), Intergrity (kejujuran), Reliability (kehandalan dan konsistensi), Responsiveness (kehandalan), Security (keamanan). Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan perusahaan untuk melakukan perbaikan kualitas jasa atau disebut eksploitasi, dengan ditunjang data sekunder dan data primer PT. Asuransi Jiwasraya mampu dalam melakukan perbaikan kualitas jasa, sedangkan kemampuan perusahaan untuk melakukan inovasiinovasi. PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) mampu dalam penciptaan inovasiinovasi. Maka dapat dikatakan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) mampu untuk bersaing dengan perusahaan sejenis dan mampu untuk menghadapi persaingan global dengan peningkatan pelayanan jasanya. Dari penyajian data dan analisis data yang telah dilakukan, kesimpulan yang dapat diambil adalah PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) mampu melaksanakan perbaikan dan inovasi demi menghadapi persaingan global saat ini. Saran yang disampaikan peneliti antara lain lebih mengembangkan dan menciptakan produk yang lebih beragam, penggunaan teknologi yang lebih canggih dan modern, promosi yang lebih agresif, dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia.