Upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik pada pemerintah Kelurahan studi pada Kantor Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT
Main Author: | KorneliaEneDewa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2007
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/113219/1/050701726.pdf http://repository.ub.ac.id/113219/ |
Daftar Isi:
- Sebagai satuan pemerintahan yang terendah dan langsung berada di bawah pemerintah Kecamatan, keberadaan dan kedudukan pemerintah Kelurahan adalah vital. Pernyataan ini mengandung pengertian bahwa Kelurahan menjadi tumpuan sekaligus ujung tombak penentuan berbagai kebijaksanaan pemerintahan secara nasional, karena keberadaan pemerintah Kelurahan sangat dekat dan langsung berhubungan dengan masyarakat, sehingga akan lebih memahami dan mengerti permasalahan, keinginan, harapan dan tuntutan yang ada dalam masyarakat.Akan tetapi dalam kenyataannya belum begitu memberikan pelayanan yang begitu optimal kepada masyarakat. Oleh karena itu sudah seharusnya Pemerintah Kelurahan melakukan beberapa upaya untuk dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa hal-hal antara lain sebagai berikut : jenis-jenis pelayanan publik yang ada di Kantor Kelurahan Faobata, tingkat kualitas pelayanan publik yang ada di kantor Kelurahan Faobata, upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kelurahan Faobata dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik serta kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah Kelurahan Faobata dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Alasan penggunaan jenis penelitian ini bahwa peneliti berusaha menggambarkan dan mendeskripsikan tentang upaya yang dilakukan oleh aparatur pemerintah kelurahan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kelurahan Faobata merupakan lokasi dari penelitian ini sedangkan yang menjadi situs dalam penelitian ini adalah Kantor Kelurahan Faobata. Sumber data diperoleh dari beberapa informan yaitu Kepala Kelurahan beserta pegawai Kelurahan Faobata, masyarakat sebagai pengguna jasa Kantor Kelurahan Faobata, dan dokumen- dokumen yang diperoleh dari Kantor Kelurahan Faobata. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen penelitian utama, pedoman wawancara dan alat tulis menulis sebagai instrumen penunjang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui tentang berbagai jenis pelayanan yang ada dan upaya Pemerintah Kelurahan Faobata dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui : Peningkatan sarana dan prasarana secara optimal antara lain sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan, peningkatan kualitas pegawai, dan perbaikan system standar kualitas pelayanan. Sebagai langkah menciptakan adanya perbaikan pelayanan kepada masyarakat, perlu kiranya diperhatikan masalah sarana dan prasarana kerja yang kondisinya kurang baik yang mempengaruhi kelancaran kerja dan saran yang diberikan adalah bahwa Lurah Faobata selaku Kepala Kelurahan sebaiknya segera mengusulkan kepada Pemda Ngada untuk segera memberikan jatah sarana transportasi yang selama ini tidak dimiliki oleh Kelurahan Faobata.