Upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik pada pemerintah Kelurahan studi pada Kantor Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT

Main Author: KorneliaEneDewa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2007
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/113219/1/050701726.pdf
http://repository.ub.ac.id/113219/
ctrlnum 113219
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/113219/</relation><title>Upaya meningkatkan kualitas pelayanan&#xD; publik pada pemerintah Kelurahan : studi pada Kantor Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT</title><creator>KorneliaEneDewa</creator><subject>658 General management</subject><description>Sebagai satuan pemerintahan yang terendah dan langsung berada di bawah pemerintah Kecamatan, keberadaan dan kedudukan pemerintah Kelurahan adalah vital. Pernyataan ini mengandung pengertian bahwa Kelurahan menjadi tumpuan sekaligus ujung tombak penentuan berbagai kebijaksanaan pemerintahan secara nasional, karena keberadaan pemerintah Kelurahan sangat dekat dan langsung berhubungan dengan masyarakat, sehingga akan lebih memahami dan mengerti permasalahan, keinginan, harapan dan tuntutan yang ada dalam masyarakat.Akan tetapi dalam kenyataannya belum begitu memberikan pelayanan yang begitu optimal kepada masyarakat. Oleh karena itu sudah seharusnya Pemerintah Kelurahan melakukan beberapa upaya untuk dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT. &#xD; Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa hal-hal antara lain sebagai berikut : jenis-jenis pelayanan publik yang ada di Kantor Kelurahan Faobata, tingkat kualitas pelayanan publik yang ada di kantor Kelurahan Faobata, upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kelurahan Faobata dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik serta kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah Kelurahan Faobata dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Alasan penggunaan jenis penelitian ini bahwa peneliti berusaha menggambarkan dan mendeskripsikan tentang upaya yang dilakukan oleh aparatur pemerintah kelurahan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. &#xD; Kelurahan Faobata merupakan lokasi dari penelitian ini sedangkan yang menjadi situs dalam penelitian ini adalah Kantor Kelurahan Faobata. Sumber data diperoleh dari beberapa informan yaitu Kepala Kelurahan beserta pegawai Kelurahan Faobata, masyarakat sebagai pengguna jasa Kantor Kelurahan Faobata, dan dokumen- dokumen yang diperoleh dari Kantor Kelurahan Faobata. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen penelitian utama, pedoman wawancara dan alat tulis menulis sebagai instrumen penunjang. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui tentang berbagai jenis pelayanan yang ada dan upaya Pemerintah Kelurahan Faobata dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui : Peningkatan sarana dan prasarana secara optimal antara lain sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan, peningkatan kualitas pegawai, dan perbaikan system standar kualitas pelayanan. Sebagai langkah menciptakan adanya perbaikan pelayanan kepada masyarakat, perlu kiranya diperhatikan masalah sarana dan prasarana kerja yang kondisinya kurang baik yang mempengaruhi kelancaran kerja dan saran yang diberikan adalah bahwa Lurah Faobata selaku Kepala Kelurahan sebaiknya segera mengusulkan kepada Pemda Ngada untuk segera memberikan jatah sarana transportasi yang selama ini tidak dimiliki oleh Kelurahan Faobata.</description><date>2007-05-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/113219/1/050701726.pdf</identifier><identifier> KorneliaEneDewa (2007) Upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik pada pemerintah Kelurahan : studi pada Kantor Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FIA/2007/050701726</relation><recordID>113219</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author KorneliaEneDewa
title Upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik pada pemerintah Kelurahan : studi pada Kantor Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT
title_sub studi pada Kantor Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT
publishDate 2007
topic 658 General management
url http://repository.ub.ac.id/113219/1/050701726.pdf
http://repository.ub.ac.id/113219/
contents Sebagai satuan pemerintahan yang terendah dan langsung berada di bawah pemerintah Kecamatan, keberadaan dan kedudukan pemerintah Kelurahan adalah vital. Pernyataan ini mengandung pengertian bahwa Kelurahan menjadi tumpuan sekaligus ujung tombak penentuan berbagai kebijaksanaan pemerintahan secara nasional, karena keberadaan pemerintah Kelurahan sangat dekat dan langsung berhubungan dengan masyarakat, sehingga akan lebih memahami dan mengerti permasalahan, keinginan, harapan dan tuntutan yang ada dalam masyarakat.Akan tetapi dalam kenyataannya belum begitu memberikan pelayanan yang begitu optimal kepada masyarakat. Oleh karena itu sudah seharusnya Pemerintah Kelurahan melakukan beberapa upaya untuk dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Kelurahan Faobata, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada, NTT. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa hal-hal antara lain sebagai berikut : jenis-jenis pelayanan publik yang ada di Kantor Kelurahan Faobata, tingkat kualitas pelayanan publik yang ada di kantor Kelurahan Faobata, upaya yang dilakukan oleh pemerintah Kelurahan Faobata dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik serta kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah Kelurahan Faobata dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Alasan penggunaan jenis penelitian ini bahwa peneliti berusaha menggambarkan dan mendeskripsikan tentang upaya yang dilakukan oleh aparatur pemerintah kelurahan dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kelurahan Faobata merupakan lokasi dari penelitian ini sedangkan yang menjadi situs dalam penelitian ini adalah Kantor Kelurahan Faobata. Sumber data diperoleh dari beberapa informan yaitu Kepala Kelurahan beserta pegawai Kelurahan Faobata, masyarakat sebagai pengguna jasa Kantor Kelurahan Faobata, dan dokumen- dokumen yang diperoleh dari Kantor Kelurahan Faobata. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian adalah peneliti sendiri sebagai instrumen penelitian utama, pedoman wawancara dan alat tulis menulis sebagai instrumen penunjang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui tentang berbagai jenis pelayanan yang ada dan upaya Pemerintah Kelurahan Faobata dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik melalui : Peningkatan sarana dan prasarana secara optimal antara lain sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan, peningkatan kualitas pegawai, dan perbaikan system standar kualitas pelayanan. Sebagai langkah menciptakan adanya perbaikan pelayanan kepada masyarakat, perlu kiranya diperhatikan masalah sarana dan prasarana kerja yang kondisinya kurang baik yang mempengaruhi kelancaran kerja dan saran yang diberikan adalah bahwa Lurah Faobata selaku Kepala Kelurahan sebaiknya segera mengusulkan kepada Pemda Ngada untuk segera memberikan jatah sarana transportasi yang selama ini tidak dimiliki oleh Kelurahan Faobata.
id IOS4666.113219
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-19T08:33:00Z
last_indexed 2021-10-28T07:03:22Z
recordtype dc
_version_ 1751455500569935872
score 17.538404