Loyalitas Konsumen Terhadap Pembelian Donat (Studi Kasus Di Kafe X Dieng, Malang)

Main Author: Purba, Rhutfeni
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/11168/
Daftar Isi:
  • Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja suatu produk dan harapan-harapannya. Pemasaran Pengalaman sendiri mempunyai konsep pendekatan kepada sikap dan pemikiran konsumennya yang akan berhubungan dengan keputusan pembelian. Konsep utama dalam Pemasaran Pengalamanmemiliki lima pendekatan yaitu panca indra, perasaan, pola pikir, perilaku, dan hubungan sosial yang mempunyai hubungan positif dengan keputusan pembelian, Pemasaran Emosional adalah pendekatan paradigma baru tentang konsep pemasaran, yang dimana terkait dalam manajemen perusahaan dan sebaliknya. Dalam penelitian ini adalah sebuah kafe X yang berada Malang. Kafe X merupakan restoran dan waralaba yang mengkhususkan donat, yogurt dan kopi. Salah satu nya adalah Malang, Jawa Timur. Yang sudah memiliki outline yang cukup banyak di setiap daerah salah satunya adalah Kota Malang Penentuan responden dilakukan dengan sembarang (convenience sampling) yaitu suatu teknik pengambilan sampel tanpa mekanisme tertentu. Siapapun bisa dijadikan sampel dalam teknik sampling ini. Metode penentuan responden mengunakan rekomendasi jumlah sampel berkisar antara 30-100 dengan demikian sampel pada penelitian ini sebanyak 88 responden karena susah memenuhi jumlah responden berdasarkan literature tersebut.Nilai untuk R2 variabel Y1 sebesar 0,048 dan R2 variabel Y2 sebesar 0,608. Hal tersebut menunjukan variabel Y1 dipengaruhi sebesar 4,8 % oleh variabel yang ada pada penelitian ini dan sisa nya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Q2 = 1-(1-R12) (1-R22) = 1- (1- 0,048) (1-0,608) = - 0,344 Dari hasil perhitungan Q2 didapatkan nilai sebesar -0,344. Hal ini menunjukkan bahwa 34,4 % keragaman variabel endogen dapat dijelaskan oleh model yang terbentuk, sedangkan 65,6% sisa nya dijelaskan oleh variabel lain diluar model dan error. Variabel Pemasaran Pengalamanyang memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada produk Donat di kafe X. Penilaian Pemasaran Pengalaman berdasarkan indikator sense dan perasaan, tetapi yang memiliki nilai yang besar adalah indikator perasaan. Pemasaran Emosionaltidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen tetapi, emosional marketing dan kepuasan konsumen bernilai positif produk Donat di kafe X. Penilaian Pemasaran Emosional pada produk donat berdasarkan indikator yang paling besar adalah uang. Variabel kepuasan konsumen yang memiliki pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada produk Donat di kafe X. Penilaian kepuasan konsumen pada produk Donat berdasarkan indikator merasa senang, merasa puas, merasa produk mudah didapat berdasarkan indikator yang paling memberikan pengaruh besar adalah merasa puas