Pengaruh Penerapan Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan (Study pada Coffee Toffee Malang)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan Coffee Toffee Malang. Jenis Penelitian ini adalah explanatory research. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sample dengan metode purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 240 responden yang merupakan pelanggan Coffee Toffee Malang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan melalui penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder didapatkan melalui studi literatur yang berupa buku-buku, jurnal, skripsi sebagai acuan penelitian terdahulu, dan melalui media internet. Instrumen pengumpulan data berupa kuesioner yang diukur dengan menggunakan skala Likert. Penelitian ini menggunakan model regresi linier berganda dalam melakukan uji hipotesis. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji hipotesis secara simultan, uji hipotesis secara parsial, dan uji dominan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa experiential marketing yang terdiri dari lima variabel, yaitu sense, feel, think, act, dan relate apabila ditingkatkan secara bersama-sama, maka akan meningkatkan loyalitas pelanggan Coffee Toffee Malang. Variabel sense apabila ditingkatkan, maka akan meningkatkan loyalitas pelanggan Coffee Toffee Malang. Hal yang sama juga berlaku untuk variabel independen lainnya. Apabila feel, think, act, dan relate semakin meningkat, maka akan meningkatkan loyalitas pelanggan Coffee Toffee Malang. Variabel feel apabila ditingkatkan akan memberikan kontribusi paling besar terhadap peningkatan loyalitas pelanggan Coffee Toffee Malang dibandingkan dengan variabel lainnya.