Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pengunjung Wisata Kampoeng Kidz Kota Batu)

Main Author: Akbar, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/108691/
Daftar Isi:
  • Pada dasarnya tujuan dari suatu usaha adalah untuk menciptakan rasa puas kepada pelanggan, salah satu untuk memuaskan pelanggan dengan cara memberikan kualitas pelayanan kepada pelanggan dengan sebaik-baiknya. Dengan pelayanan yang baik tentunya pelanggan akan merasa senang dan nyaman ketika berkunjung, dengan demikian pelanggan tidak hanya terpenuhi kebutuhan fisik yang berupa berkunjung, akan tetapi kebutuhan psikis yang berupa kebahagian dan menganalisis pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pelanggan pada Wisata Kampoeng Kidz Kota Batu baik secara simultan maupun secara parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif mengacu pada teori-teori yang ada. Subjek penelitian berjumlah 120 orang yang dipilih mengunakan urposive sampling (judgement sampling). Dalam pengumpulan data, penelitian mengunakan metode kuesioner dan dilengkapi dengan wawancara, observasi, dokumen, dan studi pustaka. Sedangkan metode analisis yang digunaka adalah analisi regresi linier berganda. Hasil penelitian secara simultan dari variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian secara parsial dari variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian dari variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati yang mempunyai pengaruh dominan adalah variabel empati. Dari Uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,668 , yang artinya 66,8% kepuasan pelanggan dipengarusi oleh variabel bebas yang diteliti, yaitu variabel variabel bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati, sedangkan sisanya sebesar 33,2% merupakan variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.