Pengaruh Brand Personality Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Produk Running Shoes Merek Nike)
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand personality dan brand trust terhadap purchase intention konsumen produk running shoes merek Nike, baik pengaruh secara langsung maupun tidak langsung. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 210 responden yang diambil dari populasi mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik sampel yaitu merupakan mahasiswa aktif S1 Universitas Brawijaya Malang, minimal berusia 17 tahun, dan pernah memperoleh informasi dalam bentuk apapun terkait produk running shoes merek Nike. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah variabel brand personality mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel brand trust pada produk running shoes merek Nike dengan nilai sebesar 0.722. Variabel brand personality mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel purchase intention pada produk running shoes merek Nike dengan nilai sebesar 0.372. Variabel brand trust mempunyai pengaruh langsung secara signifikan terhadap variabel purchase intention produk running shoes merek Nike sebesar 0.407. Variabel brand personality mempunyai pengaruh tidak langsung secara signifikan terhadap variabel purchase intention melalui brand trust produk running shoes merek Nike dengan nilai sebesar 0.294.