Perbandingan Performa Classical Test Theory (Ctt) Dan Item Response Theory (Irt) Dalam Analisis Karakteristik Psikometrik Skala Identitas Etnik Versi Forced Choice
Main Author: | Widnyanadita, Ketut Ayu Pratithi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/10766/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan performa Classical Test Theory (CTT) dan Item Response Theory (IRT) dalam analisis karakteristik psikometrik skala identitas etnik versi forced choice. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif psikometrik dengan dua pendekatan analisis, yaitu CTT dan IRT. Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah skala identitas etnik versi forced choice yang terdiri dari 21 blok yang mewakili 3 dimensi yang tidak saling berkorelasi, yaitu eksplorasi, komitmen, dan afirmasi. Terdapat beberapa teknik analisis yang digunakan pada penelitian itu yaitu, Corrected Item Total Correlation dan Kuder-Richardson 20 (KR-20) untuk CTT dan model parameter logistik 1-PL dan 2-PL serta ICC dan IIF pada IRT. Subjek yang digunakan pada penelitian ini adalah 440 siswa SMA Laboratorium Universitas Malang. Software yang digunakan untuk menganalisis data adalah R Studio versi 3.3.2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CTT dan IRT secara keseluruhan memiliki performa yang sebanding dalam menganalisis skala identitas etnik versi forced choice.