Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Pt Pln (Persero) Area Malang)

Main Author: Nugroho, Aditya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/107276/1/Softcopy_Skripsi_Aditya_Nugroho.pdf
http://repository.ub.ac.id/107276/
ctrlnum 107276
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/107276/</relation><title>Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Pt Pln (Persero) Area Malang)</title><creator>Nugroho, Aditya</creator><subject>657 Accounting</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja PT. PLN Area Malang dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Balanced Scorecard adalah sistem manajemen strategik yang menerjemahkan misi dan strategi suatu organisasi dalam tujuan dan ukuran operasional. Tujuan dan ukuran dikembangkan untuk empat perspektif yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian studi kasus ini menggunakan data primer dan data sekunder dari tahun 2012-2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan pimpinan dan karyawan PT PLN Area Malang yang berwenang di bidangnya, dan juga dengan cara dokumentasi, yaitu pengumpulan data yang bersumber dari laporan atau catatan dalam perusahaan. Empat perspektif digunakan pada penelitian ini yang terdiri dari perspektif keuangan (ROA, Profit margin, TATO, operating ratio), perspektif pelanggan (customer retention, customer acquisition, customer complain) perspektif proses bisnis internal (SAIDI, SAIFI dan susut jaringan) dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (employee productivity,employee training and employee turnover). Hasil pengukuran kinerja PT PLN Area Malang dengan pendekatan Balanced Scorecard secara umum menunjukkan kinerja yang berimbang antara perspektif satu dengan yang lainnya. Perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan memperoleh hasil yang meningkat dari tahun 2012 ke tahun 2013, sedangkan perspektif keuangan dan bisnis internal mengalami penurunan dari tahun 2012 ke tahun 2013.</description><date>2014-06-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/107276/1/Softcopy_Skripsi_Aditya_Nugroho.pdf</identifier><identifier> Nugroho, Aditya (2014) Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Pt Pln (Persero) Area Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2014/259/051404440</relation><recordID>107276</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nugroho, Aditya
title Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Pengukur Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Pt Pln (Persero) Area Malang)
publishDate 2014
topic 657 Accounting
url http://repository.ub.ac.id/107276/1/Softcopy_Skripsi_Aditya_Nugroho.pdf
http://repository.ub.ac.id/107276/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja PT. PLN Area Malang dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Balanced Scorecard adalah sistem manajemen strategik yang menerjemahkan misi dan strategi suatu organisasi dalam tujuan dan ukuran operasional. Tujuan dan ukuran dikembangkan untuk empat perspektif yaitu: perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Penelitian studi kasus ini menggunakan data primer dan data sekunder dari tahun 2012-2013. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dengan pimpinan dan karyawan PT PLN Area Malang yang berwenang di bidangnya, dan juga dengan cara dokumentasi, yaitu pengumpulan data yang bersumber dari laporan atau catatan dalam perusahaan. Empat perspektif digunakan pada penelitian ini yang terdiri dari perspektif keuangan (ROA, Profit margin, TATO, operating ratio), perspektif pelanggan (customer retention, customer acquisition, customer complain) perspektif proses bisnis internal (SAIDI, SAIFI dan susut jaringan) dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan (employee productivity,employee training and employee turnover). Hasil pengukuran kinerja PT PLN Area Malang dengan pendekatan Balanced Scorecard secara umum menunjukkan kinerja yang berimbang antara perspektif satu dengan yang lainnya. Perspektif pelanggan dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan memperoleh hasil yang meningkat dari tahun 2012 ke tahun 2013, sedangkan perspektif keuangan dan bisnis internal mengalami penurunan dari tahun 2012 ke tahun 2013.
id IOS4666.107276
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-19T04:49:07Z
last_indexed 2021-10-28T06:57:18Z
recordtype dc
_version_ 1751455561849765888
score 17.538404