Pengaruh Kemasan Produk Makanan Ringan Merek Oishi “Pillows” Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus Pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kemasan terhadap keputusan pembelian konsumen pada mahasiswa strata 1 Universitas Brawijaya, baik secara simultan maupun secara parsial. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel- variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang diambil dari mahasiswa strata 1 Universitas Brawijaya yang pernah melakukan pembelian produ. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, disebut juga judgement sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Alat uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian ini beupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis dilakukan menggunakan uji F dan uji t dan uji dominan. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Dari hasil penelitian dengan langkah-langkah yang dijelaskan diatas diperoleh hasil bahwa berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dengan menggunakan uji F (simultan) maka dapat disimpulkan secara simultan mempengaruhi keputusan pembelian, kemudian hasil analisis uji t dapat disimpulkan bahwa secara parsial hanya variabel promotion yang mempengaruhi keputusan pembelian, sedangkan variabel operating, reusable, dan labelling tidak berpengaruh. Berdasarkan hasil koefisien regresi (Standardized Coefficients Beta) masing-masing, maka dapat diketahui variabel promotion mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk makanan ringan merek Oishi “Pillows” pada mahasiswa strata 1 Universitas Brawijaya.