Pengaruh Kualitas Pelayanan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Pada Wpop Yang Terdaftar Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pasuruan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris terkait pengaruh pelayanan pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Adapun kualitas pelayanan pajak ini diukur berdasar pada bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dimana data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini merupakan data penelitian yang diperoleh langsung dari sumbernya yaitu dengan menyebarkan kuisioner. Sementara data sekunder dalam penelitian ini didapat dari sumber data yang diambil dari KPP Pratama Pasuruan serta ditunjang dengan literature lainnya. Pengujian data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda menggunakan aplikasi program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bukti langsung, keandalan, serta jaminan berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi. Sementara itu daya tanggap dan empati tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi.