Pengaruh Brand Image Toyota Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Mobil Toyota Kijang Innova (Studi Pada Masyarakat Karesidenan Malang)
Main Author: | Yudhistira, DhimazArya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/106116/1/skripsi.pdf http://repository.ub.ac.id/106116/ |
Daftar Isi:
- Persaingan industri mobil di Indonesia saat ini sangat kompetitif, setiap produsen berusaha untuk menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini. Dalam persaingan ini, perusahaan dituntut untuk dapat menciptakan keunggulan bersaing agar mampu bertahan dan unggul dari kompetitornya. Strategi yang tepat untuk dapat menciptakan keunggulan bersaing tersebut salah satunya adalah dengan membangun citra merek atau brand image. Dengan keunggulan brand image, konsumen tidak akan merasa ragu dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Brand image sendiri terdiri dari 3 komponen, yaitu citra pembuat (corporate image), citra pemakai (user image), dan citra produk (product image). Berdasarkan rumusan masalah yang ada, maka tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (a) Mengetahui apakah terdapat pengaruh secara simultan komponen brand image terhadap keputusan konsumen (masyarakat kota Malang) dalam membeli mobil Toyota Kijang Innova. (b) Mengetahui apakah terdapat pengaruh secara parsial komponen brand image terhadap keputusan konsumen (masyarakat kota Malang) dalam membeli mobil Toyota Kijang Innova. (c) Mengetahui komponen brand image manakah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen (masyarakat kota Malang) dalam membeli mobil Toyota Kijang Innova. Jenis penelitian ini adalah explanatory research, yang bertujuan untuk menjelaskan pengaruh brand image terhadap keputusan konsumen dalam membeli mobil Toyota Kijang Innova. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner dan wawancara. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat kota Malang yang memiliki mobil Toyota Kijang Innova. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Accidental Sampling. Penentuan jumlah responden berdasarkan pendapat Roscoe yaitu sampel diambil lebih besar dari 30 dan lebih kecil dari 500 responden. Sedangkan alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian regresi linier berganda menunjukkan bahwa dengan uji F diperoleh bahwa variabel brand image (X) berpengaruh secara secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian mobil Toyota Kijang Innova (Y). Sedangkan pada pengujian dengan uji t dapat diketahui bahwa variabel citra pembuat (corporate image), citra pemakai (user image), dan citra produk (product image) secara parsial berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam membeli mobil Toyota Kijang Innova. Variabel citra merek atau brand image, yang berpengaruh secara dominan adalah variabel citra produk (product image), dimana variabel 12 tersebut memiliki nilai koefisien terbesar dibandingkan dengan variabel independen yang lainnya.