Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Maicih Di Kota Malang (Studi Pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2008-2011)
Main Author: | DyahY,Ranisa |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/106032/1/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://repository.ub.ac.id/106032/2/KATA_PENGANTAR.pdf http://repository.ub.ac.id/106032/3/LEMBAR_PENGESAHAN_SKRIPSI.pdf http://repository.ub.ac.id/106032/4/DAFTAR_ISI.pdf http://repository.ub.ac.id/106032/5/1.judul.pdf http://repository.ub.ac.id/106032/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian Maicih pada mahasiswa Universitas Brawijaya Malang angkatan 2008-2011, serta untuk mengetahui variabel bauran promosi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian konsumen Maicih. Variabel independen dalam penelitian ini adalah bauran promosi yang terdiri dari Periklanan (X1), Penjualan Personal (X2), Promosi Penjualan (X3), Pemasaran Langsung (X4), dan Pemasaran dari Mulut ke Mulut (X5). Sedangkan variabel dependennya adalah Keputusan Pembelian (Y) yang diukur dengan minat mahasiswa Universitas Brawijaya Malang angkatan 2008-2011 untuk melakukan pembelian Maicih dan keinginan untuk kembali melakukan pembelian Maicih. Seratus enam puluh responden dari Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang angkatan 2008-2011 dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling . Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 17.0 for windows . Sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa, baik secara parsial dan simultan kelima variabel bebas bauran promosi memiliki pengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian Maicih. Dari kelima variabel bauran pemasaran, diketahui bahwa variabel pemasaran dari mulut ke mulut (X5) memiliki pengaruh dominan sebesar 0.322 terhadap keputusan pembelian Maicih. Nilai Adjusted R Square diperoleh hasil sebesar 0.528 artinya variabel bauran promosi mampu menjelaskan variasi perubahan variabel keputusan pembelian Maicih sebesar 52.8%, sedangkan sisanya sebesar 47.2% dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil ini menunjukkan bahwa kelima dimensi bauran promosi telah memiliki daya penjelas yang cukup tinggi karena menghasilkan nilai koefisien determinasi lebih besar dari 50%. Berdasarkan dari penelitian ini, diperoleh bukti empiris yang dapat dijadikan sebagai pijakan gagasan kearah penelitian yang lebih mendalam tentang pengaruh bauran promosi terhadap keputusan pembelian konsumen.