Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa : Studi Pada Pembayaran SPP Online Bank BTN KCP Universitas Brawijaya Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang

Main Author: Satria, DesthaBagus
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105893/1/051100824.pdf
http://repository.ub.ac.id/105893/
ctrlnum 105893
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/105893/</relation><title>Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa&#xD; : Studi Pada Pembayaran SPP Online Bank BTN KCP Universitas Brawijaya Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang</title><creator>Satria, DesthaBagus</creator><subject>658 General management</subject><description>Kualitas pelayanan didefinisikan sebagai tingkat ketidaksesuaian antara harapan/keinginan pelanggan ditingkat persepsi mereka. Dalam penelitian ini kualitas pelayanan yang diteliti adalah tingkat kepuasan mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang saat melakukan pembayaran SPP online pada bank BTN KCP Universitas Brawijaya. Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa yang terdiri dari bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) terhadap kepuasan mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (kepuasan mahasiswa) terhadap variabel bebas (dimensi kualitas jasa) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji F dan uji t. &#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dari mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang yang secara umum melakukan pembayaran SPP online di bank BTN KCP Universitas Brawijaya. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik multistage area sampling yaitu suatu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara bertingkat, mulai dari area yang lebih luas sampai area yang lebih sempit. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. &#xD; Dari Uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,522 artinya 52,2 % perubahan kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh perubahan dari semua variabel bebas bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty). &#xD; Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang. Pengujian secara parsial memberikan kesimpulan bahwa bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan mahasiswa yaitu variabel empati (X5) dengan standardized coefficients beta sebesar 0,316. &#xD; Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bukti empiris yang dapat dijadikan sebagai pijakan gagasan kearah penelitian yang lebih mendalam tentang analisis pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang saat melakukan pembayaran SPP online.</description><date>2011-02-14</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/105893/1/051100824.pdf</identifier><identifier> Satria, DesthaBagus (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa : Studi Pada Pembayaran SPP Online Bank BTN KCP Universitas Brawijaya Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2011/86/051100824</relation><recordID>105893</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Satria, DesthaBagus
title Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa : Studi Pada Pembayaran SPP Online Bank BTN KCP Universitas Brawijaya Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang
publishDate 2011
topic 658 General management
url http://repository.ub.ac.id/105893/1/051100824.pdf
http://repository.ub.ac.id/105893/
contents Kualitas pelayanan didefinisikan sebagai tingkat ketidaksesuaian antara harapan/keinginan pelanggan ditingkat persepsi mereka. Dalam penelitian ini kualitas pelayanan yang diteliti adalah tingkat kepuasan mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang saat melakukan pembayaran SPP online pada bank BTN KCP Universitas Brawijaya. Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa yang terdiri dari bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) terhadap kepuasan mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat (kepuasan mahasiswa) terhadap variabel bebas (dimensi kualitas jasa) digunakan analisis regresi dengan metode analisa uji F dan uji t. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden dari mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang yang secara umum melakukan pembayaran SPP online di bank BTN KCP Universitas Brawijaya. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik multistage area sampling yaitu suatu teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara bertingkat, mulai dari area yang lebih luas sampai area yang lebih sempit. Uji yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data yang digunakan uji regresi linier berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Dari Uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,522 artinya 52,2 % perubahan kepuasan mahasiswa dapat dijelaskan oleh perubahan dari semua variabel bebas bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty). Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel bukti fisik (X1), keandalan (X2), daya tanggap (X3), jaminan (X4) dan empati (X5) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang. Pengujian secara parsial memberikan kesimpulan bahwa bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan mahasiswa yaitu variabel empati (X5) dengan standardized coefficients beta sebesar 0,316. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bukti empiris yang dapat dijadikan sebagai pijakan gagasan kearah penelitian yang lebih mendalam tentang analisis pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang saat melakukan pembayaran SPP online.
id IOS4666.105893
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-19T04:47:28Z
last_indexed 2021-10-28T06:55:52Z
recordtype dc
_version_ 1751455880484749312
score 17.538404