Faktor-faktor bauran pemasaran yang dipertimbangkan konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian laptop merek Toshiba studi pada mahasiswa Strata-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Main Author: Nuroini, MochamadZun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105876/1/051102250.pdf
http://repository.ub.ac.id/105876/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli laptop merek Toshiba pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang secara simultan maupun parsial. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi dan keputusan pembelian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksplanatori (exsplanatory research), dimana peneliti menyebarkan kuesioner kepada para mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan dan memutuskan melakukan pembelian laptop merek Toshiba. Untuk memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan nilai F hitung sebesar 33,801. Secara parsial bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai t hitung sebesar 9,328 untuk variabel produk (X1) dan 5,155 untuk variabel promosi (X4), dan lainnya yang tidak berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung masing-masing sebesar 0,700 untuk variabel harga (X2), 1,265 untuk variabel lokasi (X3). Nilai ajusted R square sebesar 0,570. Variabel produk merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.