Pengaruh Variabel Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Basket Merek Nike (Studi Pada pemain Bola Basket Universitas Brawijaya Malang)

Main Author: Charis, Mochamad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105795/1/051200568.pdf
http://repository.ub.ac.id/105795/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli sepatu basket merek Nike pada pemain bola basket Universitas Brawijaya Malang secara simultan maupun parsial. Adapun variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi dan keputusan pembelian. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksplanatori ( exsplanatory research ), dimana peneliti menyebarkan kuesioner kepada para pemain bola basket Universitas Brawijaya Malang yang menggunakan dan memutuskan melakukan pembelian sepatu basket merek Nike. Untuk memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, dengan nilai F hitung sebesar 30,382. Secara parsial bauran pemasaran berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dengan nilai t hitung untuk variabel produk (X1) sebesar 5,785, variable harga (X2) sebesar 3,468, dan variabel promosi (X4) sebesar 2,661, sedangkan variable lokasi (X3) tidak berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung sebesar -0,910. Nilai ajusted R square sebesar 0,441. Variabel produk merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen dengan koefisien regresi sebesar 0,431.