Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian Handphone Sony Ericsson (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang)
Main Author: | Barokah, Harisat |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/105768/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini mengambil judul Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Sony Ericsson (Studi Pada Mahasiswa Strata 1 Universitas Brawijaya Malang). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Variabel Bauran Pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi dan tempat yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian Handphone Sony Ericsson, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh dominan. Teknik penarikan sampel dari populasi dilakukan dengan menggunakan cara Non-probability sampling dengan cara purposive sampling dan ditentukan besar jumlah sampelnya 100 responden. Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan pengujian data dilakukan dengan program SPSS . Pada penelitian ini variabel yang terlibat terdiri dari 4 variabel independent (X) yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari : produk, harga, promosi, tempat, dan variabel dependent (Y) adalah keputusan pembelian. Demi memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel bebas di atas memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pengujian secara parsial memberikan kesimpulan bahwa produk (product) , harga (price) , promosi (promotion) dan tempat (place ) memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian Handphone Sony Ericsson. Dari Uji Determinasi (R2) diperoleh hasil sebesar 0,313 artinya 31,3 % perubahan keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh perubahan dari semua variabel bebas (produk (product) , harga (price) , promosi (promotion) dan tempat (place )).