Pengaruh Ekuitas Merek (Loyalitas Merek, Kesan Kualitas, Citra Merek, Kesadaran Merek) Esia terhadap Kesadaran Merek Huawei (Studi pada Konsumen Esia Connect di Galeri Esia Malang)

Main Author: Wijayanto, Ari
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105581/
Daftar Isi:
  • Banyaknya operator dan produsen telepon seluler, baik perusahaan lokal ataupun internasional, di Indonesia mengangkat fenomena pentingnya kinerja merek sebagai pendukung kuat keberhasilan berbagai korporasi yang bergerak dalam bidang tersebut. Persaingan yang begitu ketat untuk penetrasi pasar, mendapatkan, sampai mempertahankan pelanggan menuntut berbagai inovasi perusahaan-perusahaan penyelenggara jasa tersebut untuk terus berusaha unggul. Strategi merek adalah hal yang sangat penting dan sangat terlihat dalam strategi perusahaan untuk memenangkan persaingan. Ketika kehidupan konsumen menjadi lebih rumit, sibuk, dan kekurangan waktu, kemampuan merek untuk menyederhanakan pengambilan keputusan dan mengurangi resiko menjadi tak ternilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Ekuitas merek Esia terhadap Kesadaran Merek Huawei di Galeri Esia Malang dengan sampel populasi sebanyak 50 responden. Jenis penelitian ini adalah explanatory research dengan metode survey dan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Ekuitas merek Esia diukur dengan menjabarkannya menjadi empat variabel yaitu loyalitas merek Esia, kesan kualitas Esia, citra merek Esia dan kesadaran merek Esia, sedangkan untuk variabel dependennya menggunakan kesadaran merek Huawei. Untuk mengetahui besarnya pengaruh loyalitas merek Esia, kesan kualitas Esia, citra merek Esia dan kesadaran merek Esia (variabel independen) terhadap kesadaran merek Huawei secara simultan dan partial, serta untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan pengaruhnya terhadap variabel dependen maka dilakukan teknik analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda dapat diketahui bahwa variabel loyalitas merek Esia, kesan kualitas Esia, citra merek Esia dan kesadaran merek Esia mempunyai pengaruh yang signifikan baik secara simultan maupun partial terhadap kesadaran merek Huawei. Selain itu dapat diketahui pula bahwa variabel kesadaran merek Esia secara signifikan berpengaruh dominan terhadap kesadaran merek Huawei.