Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen dalam Memilih Taman Rekreasi Selecta, Batu

Main Author: Wardani, WindaKusuma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/105555/
Daftar Isi:
  • Hal yang melatarbelakangi pengambilan judul ini adalah perkembangan pariwisata di Kota Batu yang semakin pesat dan pentingnya brand image yang positif dalam menjalankan suatu bisnis untuk mempengaruhi perilaku pembelian konsumen terhadap produk yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image yang terdiri dari tiga komponen, yaitu: citra pembuat ( corporate image ), citra pemakai ( user image ), dan citra produk ( product image ) terhadap keputusan konsumen dalam memilih Taman Rekreasi Selecta, Batu. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel terikat ( brand image ) terhadap variabel bebas (keputusan konsumen) digunakan analisis regresi dengan metode analisis uji t dan uji F. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian explanatory research. Sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dalam peneltian ini menjelaskan hubungan dan pengaruh beberapa variabel yang sudah ditetapkan. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 40 pengunjung taman Rekreasi Selecta. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling , yaitu pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis mengunakan F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data, digunakan uji regresi linear berganda dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji heteroskedatisitas, dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel citra pembuat (X1), citra pemakain (X2), dan citra produk (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Taman Rekreasi Selecta, Batu (Y) Secara parsial variabel citra pembuat (X1) dan citra produk (X3) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih Taman Rekreasi Selecta dengan signifikasi masing-masing variabel sebesar 2,330 dan 2,274, sedangkan variabel citra pemakai (X2) menunjukkan adanya pengaruh yang tidak signifikan terhadap keputusan konsumen dalam memilih taman rekreasi Selecta dengan signifikansi sebesar -0,546. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen memilih Taman Rekreasi Selecta, yaitu variabel citra pembuat (X1) dengan standardized coefficient beta sebesar 0,355.