Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Kedai Assalamu’alaikum di kota Malang

Main Author: DianAnggoroN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104964/1/051100002.pdf
http://repository.ub.ac.id/104964/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan khususnya berdasar dimensi kualitas jasa yaitu terdiri dari variabel-variabel: reliability (keandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan), empathy (empati), dan tangible (nyata) serta kepuasan pelanggan. Variabel-variabel tersebut digunakan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Rumah Makan Kedai Assalamu’alaikum di kota Malang. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh signifikan dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari variable bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Kedai Assalamu’alaikum di kota Malang. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis Dimensi kualitas pelayan yang terdiri dari variable bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphaty) yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan pada Rumah Makan Kedai Assalamu’alaikum di kota Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 110 responden, teknik pengambilan sampel ditentukan dengan purposive sampling. Sampel yang diambil menggunakan metode non probability sampling karena jumlah populasi untuk terpilih sebagai subjek sampel tidak dapat diukur dan dengan model purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi liniear berganda dengan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh Rumah Makan Kedai Assalamu’alaikum di kota Malang kepada konsumen adalah memuaskan, hal itu terbukti bahwa variable variable dari dimensi kualitas pelayanan memberikan pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil penelitian, diharapkan rumah makan Kedei Assalamu’alaikum dapat lebih meningkatkan daya saing dengan mempertahankan dan apabila diperlukan bisa meningkatan kualitas pelayanan, perlu melakukan penyeleksian dalam perekrutan karyawan yang berkualitas. Karena variabel keandalan merupakan variabel yang berpengaruh dominan maka rumah makan Kedei Assalamu’alaikum dipandang perlu untuk mengembangkan kualitas perekrutan karyawan yang nantinya diharapkan dapat menjadi strategi keunggulan bersaing perusahaan.