Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Serta untuk mengetahui pengaruh yang paling dominan terhadap keputusan pembelian mahasiswa fakultas ekonomi universitas brawijaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneitian ini adalah explanatory research . Menurut Singarimbun dan Effendi (1995:5), penelitian explanatory adalah penelitian yang menjabarkan hubungan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 70 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yaitu tipe pemilihan sampel secara acak yang diperoleh dengan menggunakan pertimbangan tertentu, umumnya disesuaikan dengan tujuan atau masalah penelitian. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, serta pengujian hipotesis yang meliputi uji F dan uji t. Hasil penelitian denga menggunakan analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan signifikansi 0,000 dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,651 (65,1%). Sedangkan secara parsial, variabel citra pembuat (X1), variabel citra pemakai (X2), dan variabel citra produk (X3) menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap