Pengaruh Logistics Customer Service Elements Terhadap Kepuasan Penerima Raskin (Studi pada Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang)
Main Author: | KharismaDesiChrishadiati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/104736/1/051001022.pdf http://repository.ub.ac.id/104736/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel logistics customer service elements yang terdiri dari pretransaction elements, transaction elements, dan posttransaction elements , baik secara simultan maupun parsial, terhadap kepuasan penerima Raskin di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, dan mengetahui variabel logistics customer service elements yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan penerima Raskin, serta untuk memberikan rekomendasi perbaikan pelayanan sistem logistik Raskin terhadap penerimanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan ( explanatory research ) dengan metode survey. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) Raskin di Kelurahan Purwantoro dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling . Uji yang digunakan umtuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis regresi berganda; uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterokedasitas, dan uji multikolinearitas; serta uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel pretransaction elements (X1), transaction elements (X2), dan posttransaction elements (X3) secara simultan dan secara positif berpengaruh pada kepuasan penerima Raskin. Secara parsial, variabel transaction elements (X2) dan posttransaction elements (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan penerima Raskin, sedangkan variabel pretransaction elements (X1) tidak berpengaruh secara signifikan. Selain itu, hasil analisis menunjukkan bahwa variabel transaction elements (X2) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan penerima Raskin. Berdasar hasil penelitian, perbaikan pelayanan logistik Raskin diutamakan pada perbaikan saat transaksi dan pascatransaksi sebab kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penerima, terutama dalam hal ketepatan waktu, kualitas beras yang diterima, dan tindak lanjut terhadap pengaduan masyarakat. Meskipun pelayanan pratransaksi tidak berpengaruh signifikan, namun berpengaruh positif, sehingga tetap harus diperhatikan dan ditingkatkan, terutama dalam hal ketepatan penargetan penerima Raskin.