Pengaruh Logistics Customer Service Elements Terhadap Kepuasan Penerima Raskin (Studi pada Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang)

Main Author: KharismaDesiChrishadiati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2010
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104736/1/051001022.pdf
http://repository.ub.ac.id/104736/
ctrlnum 104736
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/104736/</relation><title>Pengaruh Logistics Customer Service Elements&#xD; Terhadap Kepuasan Penerima Raskin (Studi pada Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang)</title><creator>KharismaDesiChrishadiati</creator><subject>Subject Not Defined</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel logistics customer service elements yang terdiri dari pretransaction elements, transaction elements, dan posttransaction elements , baik secara simultan maupun parsial, terhadap kepuasan penerima Raskin di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, dan mengetahui variabel logistics customer service elements yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan penerima Raskin, serta untuk memberikan rekomendasi perbaikan pelayanan sistem logistik Raskin terhadap penerimanya. &#xD; Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan ( explanatory research ) dengan metode survey. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) Raskin di Kelurahan Purwantoro dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling . Uji yang digunakan umtuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis regresi berganda; uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterokedasitas, dan uji multikolinearitas; serta uji hipotesis yaitu uji F dan uji t.&#xD; Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel pretransaction elements (X1), transaction elements (X2), dan posttransaction elements (X3) secara simultan dan secara positif berpengaruh pada kepuasan penerima Raskin. Secara parsial, variabel transaction elements (X2) dan posttransaction elements (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan penerima Raskin, sedangkan variabel pretransaction elements (X1) tidak berpengaruh secara signifikan. Selain itu, hasil analisis menunjukkan bahwa variabel transaction elements (X2) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan penerima Raskin. Berdasar hasil penelitian, perbaikan pelayanan logistik Raskin diutamakan pada perbaikan saat transaksi dan pascatransaksi sebab kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penerima, terutama dalam hal ketepatan waktu, kualitas beras yang diterima, dan tindak lanjut terhadap pengaduan masyarakat. Meskipun pelayanan pratransaksi tidak berpengaruh signifikan, namun berpengaruh positif, sehingga tetap harus diperhatikan dan ditingkatkan, terutama dalam hal ketepatan penargetan penerima Raskin.</description><date>2010-03-23</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/104736/1/051001022.pdf</identifier><identifier> KharismaDesiChrishadiati (2010) Pengaruh Logistics Customer Service Elements Terhadap Kepuasan Penerima Raskin (Studi pada Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2010/188/051001022</relation><recordID>104736</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author KharismaDesiChrishadiati
title Pengaruh Logistics Customer Service Elements Terhadap Kepuasan Penerima Raskin (Studi pada Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang)
publishDate 2010
topic Subject Not Defined
url http://repository.ub.ac.id/104736/1/051001022.pdf
http://repository.ub.ac.id/104736/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh variabel logistics customer service elements yang terdiri dari pretransaction elements, transaction elements, dan posttransaction elements , baik secara simultan maupun parsial, terhadap kepuasan penerima Raskin di Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, dan mengetahui variabel logistics customer service elements yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan penerima Raskin, serta untuk memberikan rekomendasi perbaikan pelayanan sistem logistik Raskin terhadap penerimanya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan ( explanatory research ) dengan metode survey. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 90 Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) Raskin di Kelurahan Purwantoro dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling . Uji yang digunakan umtuk menguji instrumen penelitian berupa uji validitas dan uji reliabilitas, sedangkan untuk menganalisis data digunakan analisis regresi berganda; uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heterokedasitas, dan uji multikolinearitas; serta uji hipotesis yaitu uji F dan uji t. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel pretransaction elements (X1), transaction elements (X2), dan posttransaction elements (X3) secara simultan dan secara positif berpengaruh pada kepuasan penerima Raskin. Secara parsial, variabel transaction elements (X2) dan posttransaction elements (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan penerima Raskin, sedangkan variabel pretransaction elements (X1) tidak berpengaruh secara signifikan. Selain itu, hasil analisis menunjukkan bahwa variabel transaction elements (X2) merupakan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan penerima Raskin. Berdasar hasil penelitian, perbaikan pelayanan logistik Raskin diutamakan pada perbaikan saat transaksi dan pascatransaksi sebab kedua variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penerima, terutama dalam hal ketepatan waktu, kualitas beras yang diterima, dan tindak lanjut terhadap pengaduan masyarakat. Meskipun pelayanan pratransaksi tidak berpengaruh signifikan, namun berpengaruh positif, sehingga tetap harus diperhatikan dan ditingkatkan, terutama dalam hal ketepatan penargetan penerima Raskin.
id IOS4666.104736
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T09:16:52Z
last_indexed 2021-10-28T06:54:49Z
recordtype dc
_version_ 1751455890130599936
score 17.538404