Analisis Pengaruh Kualitas Costumer Service Terhadap Kepuasan Nasabah BritAma di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sumenep
Daftar Isi:
- Umumnya perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa menyadari pentingnya kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah, akan tetapi hal ini tidak mudah diimplementasikan oleh perusahaan. Komitmen manajemen terhadap kualitas pelayanan merupakan langkah awal dalam proses pemberian pelayanan yang prima kepada pengguna jasa. Pemberi jasa yakin, bahwa komitmen terhadap kualitas pelayanan sudah merupakan standard, tetapi komitmen yang ada umumnya berdasarkan perspektif internal dan teknis perusahaan. Kualitas pelayanan pada banyak perusahaan jasa, biasanya untuk memenuhi standard kerja, standard produktivitas atau standard efisiensi kerja, dan penggunaan teknologi yang canggih. Tujuan penelitian ini adalah : 1. Untuk menganalisis adanya pengaruh signifikan antara ketiga variabel kualitas pelayanan yang meliputi tangible, reliability dan responsiveness, secara bersama-sama (simultan) terhadap Kepuasan Nasabah Bank pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sumenep, 2. Untuk menganalisis adanya pengaruh signifikan antara kelima variabel kualitas pelayanan yang meliputi tangible, reliability dan responsiveness, secara sendirisendiri (parsial) terhadap Kepuasan Nasabah Bank pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sumenep, 3. Untuk menganalisis variabel kualitas pelayanan yang berpengaruh dominan terhadap Kepuasan Nasabah Bank pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sumenep. Rancangan penelitian ini tergolong dalam penjelasan (Eksplanatory Research) yaitu menjelaskan hubungan kausal antara variabel penelitian melalui pengujian hipotesis (Singarimbun dan Effendi, 1997:223). Dalam usulan penelitian ini mencoba menjelaskan hubungan antara variabel tangibles, reliability dan responsiveness terhadap kepuasan nasabah. Hasil yang diharapkan nantinya akan dapat diketahui bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan dari Tangibles, Reliability dan Responsiveness terhadap Kepuasan Nasabah Bank di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sumenep. Sedangkan secara sendiri-sendiri akan diketahui Tangibles tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Bank di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sumenep dan variabel independen responsiveness yang berpengaruh dominan terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Cabang Sumenep.