Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet Speedy Studi pada Pelanggan Speedy PT Telekomunikasi Kandatel Malang–STO Blimbing

Main Author: YuwanitaKarisa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/104047/1/050901186.pdf
http://repository.ub.ac.id/104047/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian layanan internet Speedy , serta untuk mengetahui variabel dari ekuitas merek yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian layanan internet Speedy . Variabel independen dalam penelitian ini adalah ekuitas merek (X) yang terdiri dari Kesadaran Merek (X 1 ), Asosiasi Merek (X 2 ), Persepsi Kualitas (X 3 ), Loyalitas Merek (X 4 ), dan Aset Merek Lain (X 5 ), sedangkan variabel dependen adalah keputusan pembelian (Y) yang diukur dengan tingkat kebutuhan konsumen, perbandingan atribut produk dengan produk lain sebelum melakukan pembelian, dan apakah konsumen akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Seratus responden dari pelanggan Speedy PT Telekomunikasi Kandatel Malang-STO Blimbing dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling . Untuk analisis data digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 15.0 for Windows . Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan dijelaskan melalui nilai R- square (R 2 ) sebesar 0,476, dan P Value 0,000. Dengan demikian berarti bahwa Pengaruh Ekuitas Merek terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet Speedy dapat dijelaskan sebesar 47,6% variabel kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan aset merek lainnya, sedangkan sisanya sebesar 52,4% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti iklan, promosi penjualan, faktor kepribadian konsumen, pengaruh kelompok referensi, dan lain-lain. Secara parsial variabel Kesadaran Merek (X 1 ) dan Asosiasi Merek (X 2 ) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), sedangkan variabel Persepsi Kualitas (X 3 ), Loyalitas Merek (X 4 ), dan Aset Merek Lainnya (X 5 ) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Asosiasi Merek (X 2 ) dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0,236 adalah variabel yang berpengaruh dominan terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet Speedy (Y) dibandingkan dengan variabel lainnya.