Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rokok Merek Clas Mild studi pada Mahasiswa S-1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

Main Author: AdiSuryaWiranegara;
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103846/1/050900012.pdf
http://repository.ub.ac.id/103846/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial antara variabel citra merek dengan keputusan pembelian, serta variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Rokok Merek Clas Mild . Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian exsplanatory , dimana penelitian ini dirancang untuk menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel-variabel citra merek rokok merek Clas Mild yang terdiri atas citra pembuat (X1 ), citra pemakai (X 2 ), citra produk (X 3 ) dengan keputusan pembelian konsumen (Y). Untuk menentukan jumlah responden, peneliti menggunakan pendapat Sri Rahayu, dengan jumlah Sampel sebanyak 80 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji F, serta uji t. Dari hasil uji t, uji F dan regresi berganda dapat diketahui bahwa ketiga variabel yaitu citra pembuat/ corporate image (X1 ), citra pemakai/ user image (X 2 ), dan citra produk/ product image (X 3 ) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian rokok Clas Mild. Dari hasil analisis, diketahui bahwa variabel citra produk (X1 ) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian ini, dapat diketahui bahwa kontribusi variabel citra merek terhadap keputusan pembelian sebesar 61,4%, sedangkan sisanya sebesar 38,6%, dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti.