Pengaruh kepercayaan konsumen mengenai janji merek [brand promise] terhadap komitmen konsumen studi pada nasabah tabungan plus Bank "X" di PT. Bank "X" Kantor Cabang "Y"

Main Author: AsariAyuningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103734/1/050800311.pdf
http://repository.ub.ac.id/103734/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepercayaan konsumen mengenai brand promise Tabungan Plus Bank “X”. Selain itu, bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen mengenai brand promise terhadap komitmen nasabah Tabungan Plus Bank ”X” di Bank ”X” Cabang ”Y” secara simultan dan parsial, dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap komitmen nasabah Tabungan Plus Bank ”X” di Bank ”X” Cabang ”Y”. Untuk mengetahui bagaimana kepercayaan konsumen mengenai brand promise, digunakan analisis crosstabs. Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan konsumen mengenai brand promise terhadap komitmen konsumen secara simultan dan parsial digunakan Uji F dan Uji T dalam analisis regresi. Sedangkan untuk mengetahui variabel kepercayaan konsumen yang berpengaruh dominan terhadap komitmen konsumen digunakan koefisien determinasi dalam analisis regresi. Berdasarkan hasil analisis crosstabs, dapat diketahui bahwa brand promise Tabungan Plus Bank “X” yaitu “Hidup Selalu Bisa Lebih Mudah”, dapat dipercaya dan para responden memiliki komitmen yang cukup besar terhadap brand promise produk Tabungan Bank “X”. Berdasarkan hasil regresi, diketahui bahwa variabel-variabel kepercayaan konsumen berpengaruh baik secara simultan maupun parsial tehadap komitmen konsumen. Dan variabel yang berpengaruh dominan adalah variabel credibility. Hal ini menunjukkan kepercayaan konsumen memiliki kontribusi terhadap komitmen konsumen dan Jika ditinjau dari katakatanya, janji merek (brand promise) Tabungan Plus Bank “X” mudah untuk diingat, believable, mengandung nilai kebenaran baik dari segi realitas maupun dari segai kemampuan Bank ”X” untuk mewujudkannya dan mudah dipahami.