Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang
Main Author: | RichiDiekoArmanto |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103674/1/050802484.pdf http://repository.ub.ac.id/103674/ |
Daftar Isi:
- Aspek pemasaran tidak hanya mengarah pada fungsi produk saja, namun akan lebih fokus pada pertempuran merek. Produk atau jasa yang sukses selalu memiliki merek yang kuat dan juga dominan di pasar. Beberapa perusahaan yang peka terhadap nilai suatu merek, akan menyadari sepenuhnya bahwa merek mejadi identitas diri dari perusahaan dan menjadi added value dalam menjual produknya. Merek yang kuat biasanya memiliki ekuitas merek yang kuat pula. Namun tidaklah mudah membangun ekuitas merek yang kuat. Dalam penelitian dianalisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan pembelian. Pada ekuitas merek ini ditentukan variabel bebas yang seperti kesadaran merek (X 1 ), asosiasi merek (X 2 ), persepsi kualitas (X 3 ), loyalitas merek (X 4 ). Sedangkan variabel terikat adalah keputusan pembelian sepeda motor Honda pada mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian serta mengetahui variabel ekuitas merek yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda oleh mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 97 responden, sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental dan purposive sampling . Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa variabel-variabel ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, loyalitas merek, dan aset merek lainnya) berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda oleh mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang. Sedangkan variabel yang memiliki pengaruh dominan adalah variabel loyalitas merek. Semakin tinggi loyalitas merek akan semakin mendorong konsumen untuk melakukan keputusan pembelian ulang yang tentunya akan menguntungkan bagi perusahaan dalam mempertahankan pelanggannya dan mengalahkan pesaingnya.