Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan pembelian Telepon Seluler Nokia Studi Pada Konsumen Handphone Center Malang Plasa

Main Author: Uli, EritaRona
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103670/1/050803366.pdf
http://repository.ub.ac.id/103670/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial antara variabel faktor psikologis dengan keputusan pembelian, serta variabel yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen membeli telepon seluler Nokia. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian exsplanatory research , dimana penelitian ini dirancang untuk menjelaskan hubungan kausal yang terjadi antara variabel-variabel faktor psikologis telepon seluler Nokia yang terdiri dari motivasi (X 1 ), persepsi (X ), pembelajaran (X ), sikap (X 2 3 4 ) dengan keputusan pembelian konsumen (Y). Untuk menentukan jumlah responden, peneliti menggunakan pendapat Roscoe, dengan jumlah 65 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji F, serta uji t. Dari hasil uji t, uji F dan regresi berganda dapat diketahui bahwa keempat variabel yaitu motivasi (X 1 ), persepsi (X ), pembelajaran (X 3 ), dan sikap (X 2 4 ) mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian telepon seluler Nokia. Dari hasil analisis, diketahui bahwa variabel sikap (X 4 ) merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Berdasarkan penelitian ini, diketahui variabel keputusan pembelian (Y) dijelaskan oleh variabel faktor psikologis (X) sebesar 60,2 %, sedangkan sisanya sebesar 39,8 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti.