Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Pada Konsumen Telepon Seluler Nokia di Kota Gresik
Main Author: | BastonyChoiri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103636/1/050802331.pdf http://repository.ub.ac.id/103636/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan Untuk: 1) mengetahui dan menganalisis secara simultan pengaruh dari komponen brand image yang terdiri dari variabel citra pembuat( corporate image ), citra pemakai ( user image ), dan citra produk ( product image ) terhadap keputusan konsumen dalam membeli telepon seluler Nokia di kota Gresik, 2) mengetahui dan menganalisis secara parsial pengaruh dari komponen brand image yang terdiri dari variabel citra pembuat( corporate image ), citra pemakai ( user image ), dan citra produk ( product image ) terhadap keputusan konsumen dalam membeli telepon seluler Nokia di kota Gresik, 3) mengetahui dan menganalisis komponen brand image yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli telepon seluler Nokia di kota Gresik. Responden dalam penelitian ini berasal dari konsumen Nokia di kota Gresik yang berjumlah 97 orang. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling . Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda, uji F, serta uji t. Dari hasil analisis, dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian telepon seluler Nokia, meskipun variabel citra perusahaan/ corporate image tidak berpengaruh signifikan. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa variabel citra produk/ product image merupakan variabel dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Pihak pemegang merek Nokia di Indonesia harus lebih memperhatikan ketiga variabel bebas (pembuat/ corporate image , citra pemakai/ user image dan citra produk/ product image ) karena hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian, yang akhirnya akan memberikan nilai kepada perusahaan.