Analisis Hubungan Kausalitas Pendidikan Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia (Studi Kasus Periode 1980-2005)

Main Author: NeniIndrawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103622/1/050802137.pdf
http://repository.ub.ac.id/103622/
Daftar Isi:
  • Hubungan Kausalitas pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi menarik untuk dikaji. Uji kausalitas digunakan untuk menentukan hubungan yang sebenarnya antara keduanya. Pendidikan merupakan usaha sistematik untuk mencapai masyarakat yang maju, cerdas dan mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Pembangunan pendidikan merupakan salah satu pilar utama pembangunan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu, setidak-tidaknya menyelesaikan pendidikan minimal pendidikan dasar 9 tahun. Pendidikan merupakan salah satu agenda penting dan strategis yang menuntut perhatian sungguh-sungguh dari semua pihak. Sebab pendidikan adalah faktor penentu kemajuan bangsa di masa depan, dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan di bidang-bidang yang lain. Pendidikan merupakan salah satu bentuk investasi modal manusia (human investment) , yang akan menentukan kualitas SDM suatu bangsa. Pendidikan bukan saja akan melahirkan SDM berkualitas, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta menguasai teknologi, tetapi juga dapat menumbuhkan iklim bisnis yang sehat dan kondusif bagi pertumbuhan ekonomi. Pengembangan SDM suatu negara adalah unsur pokok bagi kemakmuran dan pertumbuhan dan untuk penggunaan yang efektif atas sumber daya modal fisiknya. Investasi dalam bentuk modal manusia adalah suatu komponen integral dalam semua upaya pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan yang sesungguhnya antara pendidikan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia . Pengujian dilakukan dengan Uji Statistik, Uji Asumsi klasik dan Uji Kausalitas Granger. Hasil uji empiris menunjukkan bahwa pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia memiliki hubungan searah hal ini berarti pendidikan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.