Analisis Hubungan Kausalitas Pendidikan Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia (Studi Kasus Periode 1980-2005)

Main Author: NeniIndrawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103622/1/050802137.pdf
http://repository.ub.ac.id/103622/
ctrlnum 103622
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/103622/</relation><title>Analisis Hubungan Kausalitas Pendidikan Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia (Studi Kasus Periode 1980-2005).</title><creator>NeniIndrawati</creator><subject>330 Economics</subject><description>Hubungan Kausalitas pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi menarik untuk dikaji. Uji kausalitas digunakan untuk menentukan hubungan yang sebenarnya antara keduanya. &#xD; Pendidikan merupakan usaha sistematik untuk mencapai masyarakat yang maju, cerdas dan mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Pembangunan pendidikan merupakan salah satu pilar utama pembangunan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu, setidak-tidaknya menyelesaikan pendidikan minimal pendidikan dasar 9 tahun. &#xD; Pendidikan merupakan salah satu agenda penting dan strategis yang menuntut perhatian sungguh-sungguh dari semua pihak. Sebab pendidikan adalah faktor penentu kemajuan bangsa di masa depan, dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan di bidang-bidang yang lain. Pendidikan merupakan salah satu bentuk investasi modal manusia (human investment) , yang akan menentukan kualitas SDM suatu bangsa. &#xD; Pendidikan bukan saja akan melahirkan SDM berkualitas, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta menguasai teknologi, tetapi juga dapat menumbuhkan iklim bisnis yang sehat dan kondusif bagi pertumbuhan ekonomi. &#xD; Pengembangan SDM suatu negara adalah unsur pokok bagi kemakmuran dan pertumbuhan dan untuk penggunaan yang efektif atas sumber daya modal fisiknya. Investasi dalam bentuk modal manusia adalah suatu komponen integral dalam semua upaya pembangunan. &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan yang sesungguhnya antara pendidikan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia . &#xD; Pengujian dilakukan dengan Uji Statistik, Uji Asumsi klasik dan Uji Kausalitas Granger. Hasil uji empiris menunjukkan bahwa pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia memiliki hubungan searah hal ini berarti pendidikan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.</description><date>2008-07-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/103622/1/050802137.pdf</identifier><identifier> NeniIndrawati (2008) Analisis Hubungan Kausalitas Pendidikan Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia (Studi Kasus Periode 1980-2005). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2008/342/050802137</relation><recordID>103622</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author NeniIndrawati
title Analisis Hubungan Kausalitas Pendidikan Dan Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia (Studi Kasus Periode 1980-2005)
publishDate 2008
topic 330 Economics
url http://repository.ub.ac.id/103622/1/050802137.pdf
http://repository.ub.ac.id/103622/
contents Hubungan Kausalitas pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi menarik untuk dikaji. Uji kausalitas digunakan untuk menentukan hubungan yang sebenarnya antara keduanya. Pendidikan merupakan usaha sistematik untuk mencapai masyarakat yang maju, cerdas dan mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan kerjasama yang baik antara pemerintah dan masyarakat. Pembangunan pendidikan merupakan salah satu pilar utama pembangunan dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dalam meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa, setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu, setidak-tidaknya menyelesaikan pendidikan minimal pendidikan dasar 9 tahun. Pendidikan merupakan salah satu agenda penting dan strategis yang menuntut perhatian sungguh-sungguh dari semua pihak. Sebab pendidikan adalah faktor penentu kemajuan bangsa di masa depan, dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan di bidang-bidang yang lain. Pendidikan merupakan salah satu bentuk investasi modal manusia (human investment) , yang akan menentukan kualitas SDM suatu bangsa. Pendidikan bukan saja akan melahirkan SDM berkualitas, memiliki pengetahuan dan keterampilan serta menguasai teknologi, tetapi juga dapat menumbuhkan iklim bisnis yang sehat dan kondusif bagi pertumbuhan ekonomi. Pengembangan SDM suatu negara adalah unsur pokok bagi kemakmuran dan pertumbuhan dan untuk penggunaan yang efektif atas sumber daya modal fisiknya. Investasi dalam bentuk modal manusia adalah suatu komponen integral dalam semua upaya pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana hubungan yang sesungguhnya antara pendidikan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia . Pengujian dilakukan dengan Uji Statistik, Uji Asumsi klasik dan Uji Kausalitas Granger. Hasil uji empiris menunjukkan bahwa pendidikan dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia memiliki hubungan searah hal ini berarti pendidikan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.
id IOS4666.103622
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T06:59:57Z
last_indexed 2021-10-28T06:53:44Z
recordtype dc
_version_ 1751455905006747648
score 17.538404