Implementasi Blue Ocean Strategy pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Studi terhadap produk Speedy pada Telkom Kandatel Malang
Main Author: | BayuIlhamPradana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2008
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/103487/1/050801395.pdf http://repository.ub.ac.id/103487/ |
ctrlnum |
103487 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/103487/</relation><title>Implementasi Blue Ocean Strategy pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. : Studi terhadap produk Speedy pada Telkom Kandatel Malang.</title><creator>BayuIlhamPradana</creator><subject>658 General management</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana implementasi Blue Ocean Strategy pada Telkom Kandatel Malang terhadap produk Speedy. Penelitian ini dilakukan dengan memasukkan rancangan inovasi pada jaringan fixed wireline yang dilakukan oleh Telkom ke dalam rangkaian Blue Ocean Strategy. Analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan digunakan untuk melakukan analisis SWOT yang merupakan dasar dalam menentukan perlu tidaknya strategi inovasi pada Telkom. Hasil pada matriks SWOT menunjukkan bahwa strategi inovasi memang perlu untuk diterapkan pada Telkom Kandatel Malang, lebih tepatnya pada strategi pengembangan bisnis data dan internet dengan melakukan “inovasi nilai” pada jaringan fixed wireline . 
Untuk menciptakan inovasi nilai, perusahaan perlu menjalankan kerangka kerja empat langkah (hapuskan, ciptakan, tingkatkan, kurangi). Telkom menghapuskan komunikasi voice dan data yang tidak dapat dilakukan secara bersamaan, menciptakan sistem kontrol pemakaian untuk mengetahui volume atau waktu yang telah digunakan untuk akses, meningkatkan kecepatan akses internet, dan tanpa melakukan pengurangan apa pun karena harga dan biaya yang ada pada jaringan fixed wireline telah berada di bawah standar industri.
Dalam menjalankan enam prinsip Blue Ocean Strategy , Telkom merekonstruksi batasan-batasan pasar (Prinsip 1) dengan mengidentifikasi kelompok-kelompok alternatif dalam industri, yaitu GPRS dan Wi-Fi. Telkom berfokus pada kecepatan akses sebagai nilai inti dari suatu layanan internet (Prinsip 2). Telkom berusaha menjangkau melebihi permintaan yang ada hingga tingkat non konsumen (Prinsip 3), menjalankan rangkaian strategis secara benar dengan mempertimbangkan utilitas, harga, biaya dan pengadopsian (Prinsip 4), mengatasi rintangan-rintangan organisasi (Prinsip 5), serta menjalankan eksekusi ke dalam strategi (Prinsip 6). 
Dengan demikian, Telkom telah menjalankan rangkaian Blue Ocean Strategy secara benar dan menyeluruh, sehingga inovasi nilai yang telah dilakukan dapat menciptakan ruang pasar baru dan membawa Telkom untuk menjauh dari persaingan. Hal ini sejalan dengan visi Telkom “ To Become Leader InfoCom Company in the Region ” dan misi Telkom dalam memberikan layanan " One Stop InfoCom ". Pada akhirnya sasaran-sasaran strategis yang telah ditetapkan oleh Telkom dapat tercapai.</description><date>2008-04-22</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/103487/1/050801395.pdf</identifier><identifier> BayuIlhamPradana (2008) Implementasi Blue Ocean Strategy pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. : Studi terhadap produk Speedy pada Telkom Kandatel Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FE/2008/204/050801395</relation><recordID>103487</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
BayuIlhamPradana |
title |
Implementasi Blue Ocean Strategy pada PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. : Studi terhadap produk Speedy pada Telkom Kandatel Malang |
title_sub |
Studi terhadap produk Speedy pada Telkom Kandatel Malang |
publishDate |
2008 |
topic |
658 General management |
url |
http://repository.ub.ac.id/103487/1/050801395.pdf http://repository.ub.ac.id/103487/ |
contents |
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai sejauh mana implementasi Blue Ocean Strategy pada Telkom Kandatel Malang terhadap produk Speedy. Penelitian ini dilakukan dengan memasukkan rancangan inovasi pada jaringan fixed wireline yang dilakukan oleh Telkom ke dalam rangkaian Blue Ocean Strategy. Analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan digunakan untuk melakukan analisis SWOT yang merupakan dasar dalam menentukan perlu tidaknya strategi inovasi pada Telkom. Hasil pada matriks SWOT menunjukkan bahwa strategi inovasi memang perlu untuk diterapkan pada Telkom Kandatel Malang, lebih tepatnya pada strategi pengembangan bisnis data dan internet dengan melakukan “inovasi nilai” pada jaringan fixed wireline .
Untuk menciptakan inovasi nilai, perusahaan perlu menjalankan kerangka kerja empat langkah (hapuskan, ciptakan, tingkatkan, kurangi). Telkom menghapuskan komunikasi voice dan data yang tidak dapat dilakukan secara bersamaan, menciptakan sistem kontrol pemakaian untuk mengetahui volume atau waktu yang telah digunakan untuk akses, meningkatkan kecepatan akses internet, dan tanpa melakukan pengurangan apa pun karena harga dan biaya yang ada pada jaringan fixed wireline telah berada di bawah standar industri.
Dalam menjalankan enam prinsip Blue Ocean Strategy , Telkom merekonstruksi batasan-batasan pasar (Prinsip 1) dengan mengidentifikasi kelompok-kelompok alternatif dalam industri, yaitu GPRS dan Wi-Fi. Telkom berfokus pada kecepatan akses sebagai nilai inti dari suatu layanan internet (Prinsip 2). Telkom berusaha menjangkau melebihi permintaan yang ada hingga tingkat non konsumen (Prinsip 3), menjalankan rangkaian strategis secara benar dengan mempertimbangkan utilitas, harga, biaya dan pengadopsian (Prinsip 4), mengatasi rintangan-rintangan organisasi (Prinsip 5), serta menjalankan eksekusi ke dalam strategi (Prinsip 6).
Dengan demikian, Telkom telah menjalankan rangkaian Blue Ocean Strategy secara benar dan menyeluruh, sehingga inovasi nilai yang telah dilakukan dapat menciptakan ruang pasar baru dan membawa Telkom untuk menjauh dari persaingan. Hal ini sejalan dengan visi Telkom “ To Become Leader InfoCom Company in the Region ” dan misi Telkom dalam memberikan layanan " One Stop InfoCom ". Pada akhirnya sasaran-sasaran strategis yang telah ditetapkan oleh Telkom dapat tercapai. |
id |
IOS4666.103487 |
institution |
Universitas Brawijaya |
affiliation |
mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
30 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Brawijaya |
library_id |
480 |
collection |
Repository Universitas Brawijaya |
repository_id |
4666 |
subject_area |
Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia* |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS4666 |
first_indexed |
2021-10-18T06:59:43Z |
last_indexed |
2021-10-28T06:53:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1751455906288107520 |
score |
17.538404 |