Analisis Efektifitas Iklan Televisi XL Bebas Versi Telepon Rp. 0,1 Per Detik Menggunakan EPIC Model Studi Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang

Main Author: RizkyDirgantara
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2008
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/103417/1/050801085.pdf
http://repository.ub.ac.id/103417/
Daftar Isi:
  • Tingginya perputaran angka pelanggan kartu seluler pada tiap bulannya membuat para produsen kartu seluler berlomba-lomba dalam meningkatkan pangsa pasarnya salah satunya dengan melakukan promosi dengan periklanan pada media televisi. Salah satunya adalah XL sebagai challenger pada pasar ini berusaha meningkatkan intensitas promosinya pada media periklanan televisi. Mengingat besarnya biaya yang harus dikeluarkan oleh XL untuk penayangan sebuah iklan produk, maka XL perlu mengkaji iklan yang telah ditayangkan apakah sudah efektif atau belum. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penayangan iklan televisi XL Bebas versi telepon Rp. 0,1 per detik. Penelitian ini merupaka suatu penelitian survey dimana mengambil sampel dari suatu populasi yaitu Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang dan memberikan kuesioner sebagai pengumpulan data pokok. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode analisis yang digunakan adalah EPIC Model dimana metode tersebut adalah salah satu metode untuk mengetahui efektifitas iklan dengan menilai 4 dimensi yang ada dalam iklan yaitu, Empathy, Persuasion, Impact dan Communication. Alat analisis yang digunaka dalam penelitian ini adalah uji validitas, reliabilitas, tabulasi sederhan dan skor rata-rata yang kemudian dimasukan dalam rentang skala EPIC Model yang telah ditentukan untuk mengetahui tingkat keefektifan iklan tersebut. Dari penelitian terhadap mahasiswa Universitas Brawijaya didapatkan hasil bahwa iklan televisi XL Bebas versi telepon Rp. 0,1 per detik secara keseluruan adalah termasuk iklan yang cukup efektif dari masing-masing dimensi yaitu, dimensi Empathy responden terhadap Iklan televisi XL Bebas versi telepon Rp. 0,1 per detik masuk dalam rentang Efektif, dimensi Persuasion responden terhadap Iklan televisi XL Bebas versi telepon Rp. 0,1 per detik masuk dalam rentang Cukup Efektif, dimensi Impact responden terhadap Iklan televisi XL Bebas versi telepon Rp. 0,1 per detik masuk dalam rentang Cukup Efektif, dan dimensi Communication responden terhadap Iklan televisi XL Bebas versi telepon Rp. 0,1 per detik masuk dalam rentang Cukup Efektif.