Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Gambaran Diri Remaja Penyandang Disabilitas Fisik Di Sekolah Luar Biasa Tunadaksa (SLB/D-D1) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang

Main Author: Utomo, Tri Heru Setyo
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/1034/1/Tri%20Heru%20Setyo%20Utomo.pdf
http://repository.ub.ac.id/1034/
ctrlnum 1034
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/1034/</relation><title>Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Gambaran Diri Remaja Penyandang Disabilitas Fisik Di Sekolah Luar Biasa Tunadaksa (SLB/D-D1) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang</title><creator>Utomo, Tri Heru Setyo</creator><subject>305.908 People with disabilities and illnesses, gifted people</subject><description>Remaja yang menyandang disabilitas fisik sering dihadapkan pada masalah yang berkaitan dengan kondisi atau keadaan tubuhnya yang kurang sempurna. Hal tersebut akan mempengaruhi gambaran dirinya. Gambaran diri sangat penting karena berkaitan dengan tugas awal perkembangan remaja dan merupakan hal pokok dari konsep diri. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi gambaran diri adalah dukungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan gambaran diri remaja penyandang disabilitas fisik di Sekolah Luar Biasa Tunadaksa (SLB/D-D1) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah desain non-experimental (observasi) dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja penyandang disabilitas fisik usia 13-21 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan didapatkan sampel penelitian sejumlah 22 remaja penyandang disabilitas fisik. Hasil penelitian didapatkan dukungan keluarga baik (77,3%) dan gambaran diri positif (81,8%). Hasil uji statistik Chi Square diperoleh nilai p-value sebesar 0,011 (p-value&lt;0,05), yang berarti terdapat hubungan antara variabel dukungan keluarga dengan variabel gambaran diri. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan keluarga yang memiliki anak remaja penyandang disabilitas fisik selalu memberikan dukungan, untuk membentuk gambaran diri yang positif. Gambaran diri positif penting dikarenakan remaja penyandang disabilitas fisik mampu menerima, menyukai, dan memanfaatkan tubuhnya untuk hal yang bermanfaat bagi masa depannya.</description><date>2017-06-06</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/1034/1/Tri%20Heru%20Setyo%20Utomo.pdf</identifier><identifier> Utomo, Tri Heru Setyo (2017) Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Gambaran Diri Remaja Penyandang Disabilitas Fisik Di Sekolah Luar Biasa Tunadaksa (SLB/D-D1) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FK/2017/235/051705371</relation><recordID>1034</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Utomo, Tri Heru Setyo
title Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Gambaran Diri Remaja Penyandang Disabilitas Fisik Di Sekolah Luar Biasa Tunadaksa (SLB/D-D1) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang
publishDate 2017
topic 305.908 People with disabilities and illnesses
gifted people
url http://repository.ub.ac.id/1034/1/Tri%20Heru%20Setyo%20Utomo.pdf
http://repository.ub.ac.id/1034/
contents Remaja yang menyandang disabilitas fisik sering dihadapkan pada masalah yang berkaitan dengan kondisi atau keadaan tubuhnya yang kurang sempurna. Hal tersebut akan mempengaruhi gambaran dirinya. Gambaran diri sangat penting karena berkaitan dengan tugas awal perkembangan remaja dan merupakan hal pokok dari konsep diri. Salah satu faktor penting yang mempengaruhi gambaran diri adalah dukungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan gambaran diri remaja penyandang disabilitas fisik di Sekolah Luar Biasa Tunadaksa (SLB/D-D1) Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah desain non-experimental (observasi) dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja penyandang disabilitas fisik usia 13-21 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling dan didapatkan sampel penelitian sejumlah 22 remaja penyandang disabilitas fisik. Hasil penelitian didapatkan dukungan keluarga baik (77,3%) dan gambaran diri positif (81,8%). Hasil uji statistik Chi Square diperoleh nilai p-value sebesar 0,011 (p-value<0,05), yang berarti terdapat hubungan antara variabel dukungan keluarga dengan variabel gambaran diri. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan keluarga yang memiliki anak remaja penyandang disabilitas fisik selalu memberikan dukungan, untuk membentuk gambaran diri yang positif. Gambaran diri positif penting dikarenakan remaja penyandang disabilitas fisik mampu menerima, menyukai, dan memanfaatkan tubuhnya untuk hal yang bermanfaat bagi masa depannya.
id IOS4666.1034
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2018-01-19T18:30:19Z
last_indexed 2021-10-18T02:07:05Z
recordtype dc
_version_ 1730142659543040000
score 17.538404