English Learning Strategy for the Blind Student In Inclusive Education
Main Author: | Kurniawati, Evie |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/102902/1/EVIE_KURNIAWATI_-_PEBASIS_2012.pdf http://repository.ub.ac.id/102902/2/JURNAL_EVIE_KURNIAWATI_-_PEBASIS_2012.pdf http://repository.ub.ac.id/102902/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini tentang strategi pembelajaran bahasa Inggris siswa tunanetra sebelum dan ketika siswa tersebut kuliah. Penelitian ini membahas tentang tantangan yang dihadapi oleh siswa tunanetra dan untuk mengetahui strategi yang dapat membantu siswa tunanetra dalam mempelajari bahasa inggris dalam pendidikan inklusi. Peneliti ingin menceritakan tentang pengalamannya dalam mempelajari Bahasa Inggris, karena Bahasa Inggris sangat penting dan sebagai siswa tunanetra dalam pendidikan inklusi, sehingga peneliti harus menemukan strategi yang sesuai untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian ini menggunakan naratif, sehingga jika peneliti akan membuat penelitian dengan menggunakan metode naratif, peneliti akan langsung berkaitan dengan cerita-cerita. Cerita yang diambil bisa tentang cerita kisah hidup mereka, atau juga bisa kisah seseorang yang diceritakan oleh peneliti. Dalam penulisan ini peneliti menceritakan tentang strategi yang digunakannya untuk belajar bahasa inggris sebagai siswa tunanetra dalam pendidikan inklusi. Sebagai siswa tunanetra dalam pendidikan inklusi, peneliti perlu mengeksplorasi strategi pembelajaran yang bisa disesuaikan dengan gaya belajar yang digunakan oleh peneliti untuk mempermudah proses pembelajaran Bahasa Inggris di kelas. Gaya belajar yang dapat digunakan oleh seorang tunanetra sangatlah terbatas, karena seorang tunanetra tidak dapat menggunakan indera pengelihatannya untuk melihat, jadi mereka hanya bisa belajar dengan cara mendengarkan walaupun mereka masih bisa belajar dengan cara berbicara, menulis, dan membaca melalui audio. Dalam pengajaran berbicara, menulis dan membaca pendidik harus menyusaikan strategi pembelajaran, instruksi, dan materi pembelajaran. Selain itu, pembelajar juga harus menggunakan kata-kata yang sederhana dan mudah dimengerti dalam menjelaskan materi pembelajaran dan pengajar juga harus mengunakan media yang sesuai. Hal ini akan dapat mempermudah siswa tunanetra dalam memahami dan mempelajari Bahasa Inggris. Jika pengajar dapat memenuhi keperluan siswa tunanetra dalam pembelajaran Bahasa Inggris, ini akan mempermudah pengajar dan siswa tunanetra dalam proses belajar mengajar didalam kelas. Sebagai siswa tunanetra dalam pendidikan inklusi saya harus lebih aktif untuk bertanya kepada dosen tentang materi pembelajaran sebelum kelas dimulai dan saya bisa mengaudiokan penjelasan dosen tersebut, selain itu siswa tunanetra juga harus membawa media yang dapat membantu proses pembelajaran seperti recorder, laptop dan headset.