Language Style Used in The Slogans of Indonesian Political Parties 2014 Campaign Advertisements
Main Author: | Wardhani, RurieSetya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101943/1/Skripsi_Rurie_Setya_Wardhani_105110100111054.pdf http://repository.ub.ac.id/101943/ |
Daftar Isi:
- Gaya bahasa adalah cara untuk melihat bagaimana penggunaan bahasa dapat mencerminkan karakter pemakainya. Dalam menggunakan bahasa untuk komunikasi berbicara atau tertulis, setiap orang cenderung memiliki gaya bahasa mereka sendiri. Dalam penelitian ini, penulis tertarik untuk menginvestigasi tipe gaya bahasa yang digunakan pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014 berdasarkan pada pilihan kata dan struktur kalimatnya dan juga sosial faktor yang mempengaruhi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) tipe gaya bahasa apa yang digunakan pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014 berdasarkan pada pilihan kata (2) tipe gaya bahasa apa yang digunakan pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014 berdasarkan pada struktur kalimat (3) sosial faktor apa yang mempengaruhi penggunaan gaya bahasa pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diambil dari slogan kampanye partai politik Indonesia. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan teori Keraf (2009), Chaer (2006) dan Holmes (2001). Terdapat lima partai politik Indonesia yang diambil pada studi ini. Jenis gaya bahasa berdasarkan pemilihan kata yang paling banyak ditemukan di slogan kampanye partai politik Indonesia adalah gaya bahasa resmi, yang diikuti dengan gaya bahasa tak resmi dan tipe terakhir adalah gaya bahasa percakapan. Sedangkan tipe gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yang paling banyak ditemukan di slogan kampanye partai politik Indonesia adalah paralelisme yang diikuti dengan repetisi dan tipe terakhir adalah klimaks. Pada faktor sosial yang mempengaruhi penggunaan slogan pada iklan kampanye partai politik Indonesia, penulis menemukan bahwa faktor fungsi merupakan faktor yang paling banyak mempengaruhi slogan kemudian yang kedua adalah faktor peserta, faktor ketiga adalah faktor topik dan yang terakhir adalah faktor keadaan. Singkatnya, penulis menemukan jenis gaya bahasa berdasarkan pemilihan kata dan struktur kalimat pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia dan juga faktor sosial yang mempengaruhi slogan tersebut. Penulis menyarankan untuk penulis selanjutnya untuk menganalisa jenis gaya bahasa pada data percakapan sehingga mereka bisa menganalisa gaya bahasa berdasakan nada dan maknanya.Disarankan juga untuk penulis selanjutnya untuk menggunakan teori selain teori Keraf dan Holmes dalam menganalisa gaya bahasa.