Language Style Used in The Slogans of Indonesian Political Parties 2014 Campaign Advertisements

Main Author: Wardhani, RurieSetya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101943/1/Skripsi_Rurie_Setya_Wardhani_105110100111054.pdf
http://repository.ub.ac.id/101943/
ctrlnum 101943
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/101943/</relation><title>Language Style Used in The Slogans of Indonesian Political Parties 2014 Campaign Advertisements.</title><creator>Wardhani, RurieSetya</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description>Gaya bahasa adalah cara untuk melihat bagaimana penggunaan bahasa dapat mencerminkan karakter pemakainya. Dalam menggunakan bahasa untuk komunikasi berbicara atau tertulis, setiap orang cenderung memiliki gaya bahasa mereka sendiri. Dalam penelitian ini, penulis tertarik untuk menginvestigasi tipe gaya bahasa yang digunakan pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014 berdasarkan pada pilihan kata dan struktur kalimatnya dan juga sosial faktor yang mempengaruhi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) tipe gaya bahasa apa yang digunakan pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014 berdasarkan pada pilihan kata (2) tipe gaya bahasa apa yang digunakan pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014 berdasarkan pada struktur kalimat (3) sosial faktor apa yang mempengaruhi penggunaan gaya bahasa pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diambil dari slogan kampanye partai politik Indonesia. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan teori Keraf (2009), Chaer (2006) dan Holmes (2001). Terdapat lima partai politik Indonesia yang diambil pada studi ini. Jenis gaya bahasa berdasarkan pemilihan kata yang paling banyak ditemukan di slogan kampanye partai politik Indonesia adalah gaya bahasa resmi, yang diikuti dengan gaya bahasa tak resmi dan tipe terakhir adalah gaya bahasa percakapan. Sedangkan tipe gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yang paling banyak ditemukan di slogan kampanye partai politik Indonesia adalah paralelisme yang diikuti dengan repetisi dan tipe terakhir adalah klimaks. Pada faktor sosial yang mempengaruhi penggunaan slogan pada iklan kampanye partai politik Indonesia, penulis menemukan bahwa faktor fungsi merupakan faktor yang paling banyak mempengaruhi slogan kemudian yang kedua adalah faktor peserta, faktor ketiga adalah faktor topik dan yang terakhir adalah faktor keadaan. Singkatnya, penulis menemukan jenis gaya bahasa berdasarkan pemilihan kata dan struktur kalimat pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia dan juga faktor sosial yang mempengaruhi slogan tersebut. Penulis menyarankan untuk penulis selanjutnya untuk menganalisa jenis gaya bahasa pada data percakapan sehingga mereka bisa menganalisa gaya bahasa berdasakan nada dan maknanya.Disarankan juga untuk penulis selanjutnya untuk menggunakan teori selain teori Keraf dan Holmes dalam menganalisa gaya bahasa.</description><date>2015-01-26</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/101943/1/Skripsi_Rurie_Setya_Wardhani_105110100111054.pdf</identifier><identifier> Wardhani, RurieSetya (2015) Language Style Used in The Slogans of Indonesian Political Parties 2014 Campaign Advertisements. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2015/90/051501403</relation><recordID>101943</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wardhani, RurieSetya
title Language Style Used in The Slogans of Indonesian Political Parties 2014 Campaign Advertisements
publishDate 2015
isbn 1051101001110
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/101943/1/Skripsi_Rurie_Setya_Wardhani_105110100111054.pdf
http://repository.ub.ac.id/101943/
contents Gaya bahasa adalah cara untuk melihat bagaimana penggunaan bahasa dapat mencerminkan karakter pemakainya. Dalam menggunakan bahasa untuk komunikasi berbicara atau tertulis, setiap orang cenderung memiliki gaya bahasa mereka sendiri. Dalam penelitian ini, penulis tertarik untuk menginvestigasi tipe gaya bahasa yang digunakan pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014 berdasarkan pada pilihan kata dan struktur kalimatnya dan juga sosial faktor yang mempengaruhi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) tipe gaya bahasa apa yang digunakan pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014 berdasarkan pada pilihan kata (2) tipe gaya bahasa apa yang digunakan pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014 berdasarkan pada struktur kalimat (3) sosial faktor apa yang mempengaruhi penggunaan gaya bahasa pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia pada tahun 2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data diambil dari slogan kampanye partai politik Indonesia. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan teori Keraf (2009), Chaer (2006) dan Holmes (2001). Terdapat lima partai politik Indonesia yang diambil pada studi ini. Jenis gaya bahasa berdasarkan pemilihan kata yang paling banyak ditemukan di slogan kampanye partai politik Indonesia adalah gaya bahasa resmi, yang diikuti dengan gaya bahasa tak resmi dan tipe terakhir adalah gaya bahasa percakapan. Sedangkan tipe gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yang paling banyak ditemukan di slogan kampanye partai politik Indonesia adalah paralelisme yang diikuti dengan repetisi dan tipe terakhir adalah klimaks. Pada faktor sosial yang mempengaruhi penggunaan slogan pada iklan kampanye partai politik Indonesia, penulis menemukan bahwa faktor fungsi merupakan faktor yang paling banyak mempengaruhi slogan kemudian yang kedua adalah faktor peserta, faktor ketiga adalah faktor topik dan yang terakhir adalah faktor keadaan. Singkatnya, penulis menemukan jenis gaya bahasa berdasarkan pemilihan kata dan struktur kalimat pada slogan iklan kampanye partai politik Indonesia dan juga faktor sosial yang mempengaruhi slogan tersebut. Penulis menyarankan untuk penulis selanjutnya untuk menganalisa jenis gaya bahasa pada data percakapan sehingga mereka bisa menganalisa gaya bahasa berdasakan nada dan maknanya.Disarankan juga untuk penulis selanjutnya untuk menggunakan teori selain teori Keraf dan Holmes dalam menganalisa gaya bahasa.
id IOS4666.101943
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:40:45Z
last_indexed 2021-10-28T06:52:02Z
recordtype dc
_version_ 1751455923151306752
score 17.538404