Using English Talking Book In Pqrst Technique To Enhance Reading Comprehension Of The Eighth Graders At Smpn 13 Malang In Academic Year 2014/2015
Main Author: | Kurniawati, FranciskaXaveria |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/101867/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman bacaan dari siswa kelas 8 SMPN 13 Malang tahun ajaran 2014/2015 dengan pengaplikasian English Talking Book sebagai media pembelajaran dalam membaca teks naratif. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas 8C, 58% atau 19 dari 33 siswa gagal mencapai kriteria kelulusan minimal pada ujian membaca teks naratif. Dimana kriteria kelulusan minimal adalah 75. Dan hanya 14 siswa yang mampu mencapai kriteria kelulusan minimal tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka English Talking Book diimplementasikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Terdapat beberapa alat yang diperlukan untuk mengumpulkan data, yaitu pedoman wawancara, daftar observasi, catatan lapang, tes siswa dan kuisioner siswa. Nilai siswa diperoleh dari tes membaca, sedangkan respon siswa terhadap English Talking Book diperoleh dari daftar observasi, catatan lapang dan kuisioner. Terdapat dua kriteria keberhasilan dalam penelitian ini. Pertama, penelitian ini dinilai sukses jika 75% dari siswa mampu mencapai kriteria kelulusan minimal yaitu 75. Kedua, penelitian ini dinilai sukses jika 75% dari siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan English Talking Book sebagai media pembelajaran. Penelitian ini telah selesai dilaksanakan oleh peneliti dan para siswa. Pada penelitian ini, peneliti mencoba untuk menggabungkan penggunaan English Talking Book sebagai media pembelajaran dan PQRST sebagai teknik. Terdapat beberapa langkah pada penelitian ini yang berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami bacaan. Langkah yang pertama, peneliti memainkan English Talking Book satu kali dan menginstruksikan pada para siswa untuk memperhatikan (preview). Ketika sedang menonton, para siswa diinstruksikan untuk membuat 5 pertanyaan dengan menggunakan 5W+1H mengenai sesuatu yang mereka ingin ketahui dari cerita tersebut (question). Lalu peneliti memberikan English Talking Book dalam bentuk hand out dan memainkan English Talking Book satu kali lagi (read). Selama menonton, para siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka buat sebelumnya. Setelah itu, para siswa diminta untuk membuat ringkasan dari cerita dalam bentuk mind map (summary). Dan langkah terakhir, para siswa diminta untuk mengerjakan soal yang diberikan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mereka dalam memahami bacaan (test).