Using English Talking Book In Pqrst Technique To Enhance Reading Comprehension Of The Eighth Graders At Smpn 13 Malang In Academic Year 2014/2015

Main Author: Kurniawati, FranciskaXaveria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/101867/
ctrlnum 101867
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/101867/</relation><title>Using English Talking Book In Pqrst Technique To Enhance Reading Comprehension Of The Eighth Graders At Smpn 13 Malang In Academic Year 2014/2015</title><creator>Kurniawati, FranciskaXaveria</creator><subject>420 English and Old English (Anglo-Saxon)</subject><description> Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman bacaan dari siswa kelas 8 SMPN 13 Malang tahun ajaran 2014/2015 dengan pengaplikasian English Talking Book sebagai media pembelajaran dalam membaca teks naratif. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas 8C, 58% atau 19 dari 33 siswa gagal mencapai kriteria kelulusan minimal pada ujian membaca teks naratif. Dimana kriteria kelulusan minimal adalah 75. Dan hanya 14 siswa yang mampu mencapai kriteria kelulusan minimal tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka English Talking Book diimplementasikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Terdapat beberapa alat yang diperlukan untuk mengumpulkan data, yaitu pedoman wawancara, daftar observasi, catatan lapang, tes siswa dan kuisioner siswa. Nilai siswa diperoleh dari tes membaca, sedangkan respon siswa terhadap English Talking Book diperoleh dari daftar observasi, catatan lapang dan kuisioner. Terdapat dua kriteria keberhasilan dalam penelitian ini. Pertama, penelitian ini dinilai sukses jika 75% dari siswa mampu mencapai kriteria kelulusan minimal yaitu 75. Kedua, penelitian ini dinilai sukses jika 75% dari siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan English Talking Book sebagai media pembelajaran. Penelitian ini telah selesai dilaksanakan oleh peneliti dan para siswa. Pada penelitian ini, peneliti mencoba untuk menggabungkan penggunaan English Talking Book sebagai media pembelajaran dan PQRST sebagai teknik. Terdapat beberapa langkah pada penelitian ini yang berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami bacaan. Langkah yang pertama, peneliti memainkan English Talking Book satu kali dan menginstruksikan pada para siswa untuk memperhatikan (preview). Ketika sedang menonton, para siswa diinstruksikan untuk membuat 5 pertanyaan dengan menggunakan 5W+1H mengenai sesuatu yang mereka ingin ketahui dari cerita tersebut (question). Lalu peneliti memberikan English Talking Book dalam bentuk hand out dan memainkan English Talking Book satu kali lagi (read). Selama menonton, para siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka buat sebelumnya. Setelah itu, para siswa diminta untuk membuat ringkasan dari cerita dalam bentuk mind map (summary). Dan langkah terakhir, para siswa diminta untuk mengerjakan soal yang diberikan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mereka dalam memahami bacaan (test).&#xD; </description><date>2015-08-24</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Kurniawati, FranciskaXaveria (2015) Using English Talking Book In Pqrst Technique To Enhance Reading Comprehension Of The Eighth Graders At Smpn 13 Malang In Academic Year 2014/2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FBS/2015/643/ 051506795</relation><recordID>101867</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Kurniawati, FranciskaXaveria
title Using English Talking Book In Pqrst Technique To Enhance Reading Comprehension Of The Eighth Graders At Smpn 13 Malang In Academic Year 2014/2015
publishDate 2015
topic 420 English and Old English (Anglo-Saxon)
url http://repository.ub.ac.id/101867/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman bacaan dari siswa kelas 8 SMPN 13 Malang tahun ajaran 2014/2015 dengan pengaplikasian English Talking Book sebagai media pembelajaran dalam membaca teks naratif. Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti di kelas 8C, 58% atau 19 dari 33 siswa gagal mencapai kriteria kelulusan minimal pada ujian membaca teks naratif. Dimana kriteria kelulusan minimal adalah 75. Dan hanya 14 siswa yang mampu mencapai kriteria kelulusan minimal tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka English Talking Book diimplementasikan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Terdapat beberapa alat yang diperlukan untuk mengumpulkan data, yaitu pedoman wawancara, daftar observasi, catatan lapang, tes siswa dan kuisioner siswa. Nilai siswa diperoleh dari tes membaca, sedangkan respon siswa terhadap English Talking Book diperoleh dari daftar observasi, catatan lapang dan kuisioner. Terdapat dua kriteria keberhasilan dalam penelitian ini. Pertama, penelitian ini dinilai sukses jika 75% dari siswa mampu mencapai kriteria kelulusan minimal yaitu 75. Kedua, penelitian ini dinilai sukses jika 75% dari siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan English Talking Book sebagai media pembelajaran. Penelitian ini telah selesai dilaksanakan oleh peneliti dan para siswa. Pada penelitian ini, peneliti mencoba untuk menggabungkan penggunaan English Talking Book sebagai media pembelajaran dan PQRST sebagai teknik. Terdapat beberapa langkah pada penelitian ini yang berguna untuk meningkatkan kemampuan siswa untuk memahami bacaan. Langkah yang pertama, peneliti memainkan English Talking Book satu kali dan menginstruksikan pada para siswa untuk memperhatikan (preview). Ketika sedang menonton, para siswa diinstruksikan untuk membuat 5 pertanyaan dengan menggunakan 5W+1H mengenai sesuatu yang mereka ingin ketahui dari cerita tersebut (question). Lalu peneliti memberikan English Talking Book dalam bentuk hand out dan memainkan English Talking Book satu kali lagi (read). Selama menonton, para siswa diminta untuk menjawab pertanyaan yang telah mereka buat sebelumnya. Setelah itu, para siswa diminta untuk membuat ringkasan dari cerita dalam bentuk mind map (summary). Dan langkah terakhir, para siswa diminta untuk mengerjakan soal yang diberikan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan mereka dalam memahami bacaan (test).
id IOS4666.101867
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-18T05:40:40Z
last_indexed 2021-10-28T06:51:56Z
recordtype dc
_version_ 1751455924074053632
score 17.538404